Tes Swab Anggota Dewas KPK Albertina Ho Keluar, Ini Hasilnya

– Hasil Tes Swab anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) Albertina Ho telah keluar. Adapun hasilnya bahwa Albertina dinyatakan negatif Covid-19.

“Sejauh ini berdasarkan informasi yang kami terima, baru hasil swab bu Albertina Ho dengan hasil negatif,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamsi (17/9/2020).

Sementara hasil tes swab Ketua Dewas KPK Tumpak Hotorongan serta anggota dewas lainnya Syamsuddin Haris, Artidjo Alkotsar dan Harjono belum ada hasil keluar.

“Yang lain masih menunggu hasilnya,” ucap Ali.

Seperti diketahui, KPK melalui Plt Juru Bicara Ali Fikri mengatakan alasan penundaan putusan sidang etik Ketua KPK Firli Bahuri lantaran Majelis Sidang Etik diketahui melakukan interaksi atau kontak langsung dengan pegawai KPK yang positif corona.

Maka itu, KPK meminta Dewas KPK bersama seluruh jajarannya untuk melakukan tes Swab yang diselenggarakan hari ini.

“Yang sudah akan swab diutamakan anggota majelis etik. Karena kemarin kan terus berinteraksi dengan pegawai itu. Pak THP (Tumpak), bu AH (Albertina) dan pak SH (Syamsuddin),” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Selasa (15/9/2020).

Ali menambahkan, tes swab juga dilakukan kepada seluruh jajaran yang bertugas di Dewas KPK.

“Ya, semua pegawai di sekretariat dewas (ikut tes swab),” ujar Ali.

Rencananya Dewas KPK akan menggelar sidang putusan terkait dugaan pelanggaran etik Ketua KPK Firli Bahuri pada Selasa (15/9/2020).

Namun, sidang yang rencana digelar pukul 11.00 WIB itu terpaksa dibatalkan lantaran majelis sidang etik Dewas KPK akan menjalani tes swab. Pemeriksaan itu dilakukan karena pimpinan Dewas KPK sempat berinteraksi dengan pegawai KPK yang terinfeksi virus corona.

Rencana sidang etik akan kembali digelar pada Rabu (23/9/2020) mendatang.