Akun Obrolan Penuh Sesak “WhatsApp” Centang Hijau Pikirkan Peretas Penjelasannya Adalah Sebagai Berikut

Photo of author

By Dinda

Baru-baru ini beredar cerita tentang obrolan dari akun “WhatsApp” yang diduga dikirim oleh peretas (hacker). Novel tersebut disebut-sebut beredar luas di WhatsApp Group (WA Group).

Lalu, SNS juga ramai dengan narasi. Sebuah postingan di Platform X (sebelumnya Twitter) menunjukkan tangkapan layar obrolan WhatsApp di mana obrolan dari akun “WhatsApp ” ditandai dengan centang hijau.

Gambar screenshot tersebut disertai dengan keterangan “Jika menerima notifikasi seperti di atas (dilingkari), jangan dibuka. Bukan dari WhatsApp, tapi dari Hacker!!!”.

Lantas, apakah benar chat dari akun “WhatsApp” yang diberi tanda hijau dikirim oleh hacker seperti novel sirkular?

WhatsApp memiliki akun resmi hijau khusus.

WhatsApp minggu lalu meluncurkan “Obrolan WhatsApp Resmi”, juga dikenal sebagai akun WhatsApp resmi. Diumumkan pula adanya akun WhatsApp resmi melalui akun Instagram resmi @whatsapp.

Posting dibagikan di WhatsApp (whatsapp)

Secara umum, fungsi akun WhatsApp resmi mirip dengan akun resmi Telegram di Telegram. Hingga saat ini, Telegram selalu memberikan informasi terkini tentang Telegram melalui akun Bluehash.

Akun WhatsApp resmi ini juga didesain seperti ini. Artinya, kami memberi pengguna berita terbaru tentang pembaruan (termasuk ketentuan, kebijakan, dan fitur), fitur tersembunyi, tip dan trik untuk mendapatkan hasil maksimal dari WhatsApp. Ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi terbaru tanpa harus mencari sendiri di Internet.

Pantauan KompasTekno, pada Kamis (8/3/2023), pengguna di Indonesia mulai menerima pesan dari akun WhatsApp resminya dengan tanda centang hijau. Versi chat resmi WhatsApp tidak merata karena masih ada pengguna WhatsApp Indonesia yang belum mendapatkannya.

Nah saat membuka chat WhatsApp resmi, pengguna akan melihat nama kontak “WhatApp, akun WhatsApp resmi”. Kemudian Anda akan melihat notifikasi “Ini adalah akun WhatsApp resmi. Klik untuk detailnya “.

Baca juga  Cerita Jujur Menggunakan SatuSEO sebagai Agensi SEO

Pengguna sekarang dapat melihat pesan pertama mereka di akun WhatsApp resmi mereka. Itu untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke WhatsApp seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Pesan itu membaca kalimat pertama dalam bahasa Inggris dengan gambar. “Tambahkan lapisan keamanan ekstra… “(Tambahkan lapisan keamanan ekstra…).

Pesan obrolan WhatsApp resmi pertama adalah tangkapan layar yang sama persis dengan yang menjadi viral di media sosial. Artinya, deskripsi di WhatsApp dengan tanda centang hijau yang diduga dari peretas adalah palsu. Pesan tersebut sebenarnya berasal dari akun WhatsApp resmi yang baru saja dipublikasikan.

/ Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar Obrolan WhatsApp dari akun obrolan WhatsApp resmi.

Fitur akun WhatsApp resmi

Fitur akun WhatsApp resmi

Narasi tersebut salah, namun pengguna WhatsApp harus tetap waspada. Pasalnya, pelaku kejahatan siber bisa merancang akun WhatsApp agar akun palsu semirip mungkin dengan akun resmi satu pihak, termasuk akun WhatsApp resmi. Tujuannya agar pengguna jatuh ke dalam perangkap penjahat dunia maya.

Maka dari itu, tidak salah jika para pengguna mengetahui ciri-ciri akun WhatsApp resmi sebagai berikut.

Jika ada satu fitur yang belum terpenuhi, Anda bisa mengecek apakah chat tersebut meniru akun WhatsApp resmi.

WhatsApp mengklaim itu scam ketika pengguna menerima pesan obrolan dari akun yang tidak memiliki tanda centang hijau yang mengaku sebagai WhatsApp.

“Pengguna mungkin tidak menanggapi orang yang menyamar sebagai WhatsApp. Harap laporkan dan blokir nomor tersebut.”

Selain obrolan resmi WhatsApp yang disebutkan di atas, ada dua akun obrolan resmi lainnya di WhatsApp.