Saat Toilet Adolf Hitler Dilelang Seharga Rp254 Juta, Apa Kelebihannya?

Biasanya perhiasan dan karya seni bernilai sejarah ditawarkan kepada kolektor melalui lelang. Misalnya lukisan karya maestro berusia seabad lebih, permata langka, atau benda pusaka peninggalan kerajaan yang sudah lama hilang. Tak hanya itu, artifak sejarah juga ditawarkan di lelang. Cerita di balik benda sederhana seperti perangko, pemantik api, atau selembar gaun saja bisa membuat nilainya mencapai jutaan dolar. Apalagi jika barang tersebut berkaitan dengan tokoh sejarah terkenal.

Seperti yang terjadi baru-baru ini. Sebuah dudukan toilet berwarna putih ini sudah terdaftar untuk dilelang oleh Alexander Historical Auctions. Rencananya, benda itu akan dilelang pada pekan ini dengan perkiraan harga jual akhir sekitar 15.000 Euro atau sekitar Rp254 juta. Keistimewaannya, benda tersebut adalah milik Adolf Hitler . Hitler adalah mantan pemimpin partai Nazi dan fuhrer Jerman yang memegang peranan penting dalam sejarah Perang Dunia II.

Diambil dari Markas Kedua Hitler

Dilansir dari laman The Sun (9/2/2021), dudukan toilet milik Hitler ini awalnya dirampas oleh seorang tentara Amerika Serikat (AS) dari kamar mandi pribadi sang diktator di rumah peristirahatan sekaligus ‘kantor pemerintahan’ keduanya di Berghof, Pegunungan Alpen, Jerman. Tentara AS itu adalah Sersan Ragnvald Borch.

Borch menjarah dudukan toilet setelah perwira senior menyuruh pasukan untuk mengambil apapun dari properti Adolf Hitler . Borch merupakan salah satu tentara AS pertama yang ditugaskan di lokasi itu karena fasih berbahasa Jerman dan Prancis. Dia dikirim untuk bekerja sama dengan Brigade Lapis Baja ke-2 Prancis.

Properti rumah milik Hitler itu dijarah setelah rusak parah akibat pemboman tentara sekutu menjelang akhir Perang Dunia II. Salah satu benda yang dia ambil adalah dudukan toilet kayu dari kamar mandi Hitler.

Menurut Borch, dia mengambil benda tersebut untuk kenang-kenangan. Hitler meninggal dunia pada 1945, tak lama setelah Perang Dunia II berakhir. “Menurut Anda di mana Hitler meletakkan bokongnya,” ucapnya.

Salah Satu Peninggalan Perang Dunia II Terbaik

Menurut Bill Panagopulos, dari Rumah Lelang Alexander Auctions, dudukan toilet selebar 40,64 sentimeter itu merupakan salah satu peninggalan Perang Dunia II yang memiliki kondisi terbaik.

“Orang hampir tidak bisa membayangkan strategi apa yang ada di kepala Hitler sambil merenungkan dunia dari atas tempat ini,” ujarnya.

Benda ini termasuk di antara sejumlah peninggalan perang yang diperebutkan dalam pelelangan di Chesapeake City, Maryland, AS. Barang lainnya seperti cangkir, sisir rambut, dan empat helai rambut Hitler yang langka juga akan dilelang.

Memorabilia Eva Braun Juga Dilelang

Sebelum toilet milik Hitler mencetak rekor, penutup dudukan toilet pemain bas band legendaris Rolling Stone, Bill Wyman memegang rekor untuk furnitur termahal dari jenisnya yang dijual di lelang. Uang sebesar 850 Euro atau sekitar Rp14 juta dibayarkan tahun lalu untuk penutup dudukan toilet 1975 dengan logo lidah menjulut ciri khas grup Rolling Stones itu.

Selain toilet yang pernah dipakai Hitler, celana dalam milik istri Hitler, Eva Braun juga dilelang. Pakaian dalam tersebut berhias renda bunga dan disulam dengan inisial nama perempuan yang dinikahi Hitler beberapa jam sebelum kematiannya. Ada juga gaun tidur pink dan sepasang stoking.

Reporter: Henry
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Jual Motor Kesayangan Suami, Seorang Istri Dapat Perlakuan Seperti Ini
Penampakan Lamborghini Raffi Ahmad Usai Diperbaiki Nanti, Bakal Lebih Keren
Raffi Ahmad Kaget Nikita Mirzani Punya Jam Tangan Rp1 Miliar ‘Lu Fiks Artis Kaya’
Rilis Uang Rp75 Ribu, Ini Deretan Uang Rupiah Edisi Khusus yang Pernah Dicetak BI

Berita terkait: