Ruselli dan Gregoria diminta bermain lebih maksimal

Pokoknya jangan mencari-cari alasan kekalahan, seperti menyalahkan kondisi lapangan yang berangin dan lain-lain Jakarta – Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky meminta kepada dua pemain tunggal putri, yakni Ruselli Hartawan dan Gregoria Mariska Tunjung agar bermain lebih lepas dan berjuang maksimal pada turnamen-turnamen selanjutnya.

Ruselli dan Gregoria sama-sama terhenti di babak pertama Yonex Thailand Open 2021. Ruselli takluk di tangan wakil tuan rumah Supanida Katethong dengan skor 14-21, 16-21 pada Rabu. Sedangkan Gregoria kalah rubber game dari pemain Korea Selatan Sung Ji Hyun dengan skor 21-15, 15-21, 14-21 pada Selasa (12/1).

Dengan hasil tersebut, maka tidak ada lagi wakil Indonesia dari sektor tunggal putri yang tersisa dalam turnamen bulu tangkis level Super 1000 itu.

Baca juga: Ruselli kalah, tak ada lagi tunggal putri Indonesia di Thailand Open

“Setelah tersisih di babak pertama, saya terus memompakan semangat agar mereka jangan sampai kalah lagi pada turnamen selanjutnya. Kekalahan itu harus menjadi cambuk untuk bangkit. Saya ingin mereka bermain lebih lepas dan lebih menekan sejak awal,” kata Rionny dikutip dari laman resmi PBSI, Rabu.

Mengenai kekalahan Ruselli, Rionny menilai kondisi atlet berusia 23 tahun itu sedang tidak bagus, sehingga tidak bisa bermain reli dan mudah dimatikan oleh lawannya.

“Hari ini kondisi Ruselli tidak bagus. Langkah kakinya berat, sehingga tidak yakin bermain reli. Ketika dia ingin memperlambat tempo permainan, buangan bolanya juga kurang ke belakang, sehingga mudah dimatikan lawan,” ujar Rionny.

Meski demikian, pria yang juga merangkap sebagai pelatih tunggal putri itu meminta agar Ruselli dan Gregoria berjuang maksimal sekaligus mencari cara supaya bisa mendapatkan poin sekaligus memenangi pertandingan.

Baca juga: Gregoria disingkirkan Sung di babak pertama Thailand Open

“Pokoknya jangan mencari-cari alasan kekalahan, seperti menyalahkan kondisi lapangan yang berangin dan lain-lain. Mereka setiap saat harus berpikir untuk mencari solusi supaya bisa mencari angka dan memenangi pertandingan. Pada pertandingan berikut, saya harapkan keduanya bermain lebih maksimal,” tegas Rionny.

Indonesia meloloskan delapan wakil ke babak kedua Yonex Thailand Open 2021, yakni ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, serta tiga tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito.

Kemudian, tiga ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Baca juga: Thailand Open, Rionny minta pemain cepat beradaptasi dengan lapangan

Berita terkait: