Profil Emha Ainun Nadjib Terlengkap

– Simak profil Emha Ainun Nadjib , budayawan yang menggaungkan kritik dan masukannya kepada Presiden Joko Widodo. Hal itu disampaikan Cak Nun , sapaannya, lewat sebuah rilisan berjudul “10 Revolusi Jokowi” yang disebarkannya Sabtu, (12/09/2020).

Berikut profil Emha Ainun Nadjib selengkapnya.

Latar Belakang

Pemilik nama lengkap Muhammad Ainun Nadjib atau yang biasa dikenal Emha Ainun Nadjib ini lebih akrab disapa Cak Nun atau Mbah Nun. Cak Nun lahir di Jombang, Jawa Timur, pada 27 Mei 1953.

Dirinya adalah seorang tokoh intelektual Muslim Indonesia , yang menyampaikan gagasan pemikiran dan kritik-kritiknya dalam berbagai bentuk. Seperti puisi, esai, cerpen, film, drama, lagu, musik, talkshow televisi, siaran radio, seminar, ceramah, hingga tayangan video. Cak Nun menggunakan beragam media komunikasi dari cetak hingga digital dan dirinya sangat produktif dalam berkarya.

Latar Belakang Emha Ainun Nadjib

Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun merupakan anak keempat dari 15 bersaudara, yang lahir dari pasangan Muhammad Abdul Latief dan Chalimah. Ayahnya adalah seorang petani dan tokoh agama yang sangat dihormati masyarakat Desa Menturo, Sumobito, Jombang.

Ayah Emha Ainun Nadjib juga seorang pemimpin masyarakat yang menjadi tempat bertanya dan mengadu tentang masalah yang masyarakat hadapi. Begitu juga ibunya, yang menjadi panutan warga karena dapat memberikan rasa aman dan banyak membantu masyarakat.

Cak Nun menikah dengan Novia Kolopaking, yang dikenal sebagai seniman film, panggung, serta penyanyi. Bersama Novia, dirinya dikaruniai empat orang anak, yaitu Ainayya Al-Fatihah (meninggal di dalam kandungan), Aqiela Fadia Haya, Jembar Tahta Aunillah, dan Anayallah Rampak Mayesha. Serta Sabrang Mowo Damar Panuluh yang tergabung dalam grup band Letto.

Perjalanan Karier Emha Ainun Nadjib

  • «
  • 1
  • 2
  • »