Prabayar adalah Bayar di Muka, Ini Perbedaannya dengan Pascabayar & Kegunaannya

Prabayar adalah salah satu metode pembayaran yang dilakukan di muka. Biasanya metode prabayar akan dilakukan sebelum menggunakan serta mendapatkan manfaat dari suatu jasa atau pun barang yang dibutuhkan.

Selain metode prabayar juga terdapat cara pembayaran lainnya, yaitu pascabayar. Jika prabayar merupakan pembayaran yang dilakukan di muka, bagi seseorang yang menggunakan layanan pascabayar akan diberikan tagihan dan kemudian harus membayar di setiap bulannya.

Meski memiliki perbedaan, keduanya merupakan metode pembayaran ini sama-sama yang dapat digunakan serta dilakukan oleh masyarakat guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bagi Anda yang ingin memahami apa perbedaan dari prabayar dan pascabayar lebih dalam, akan memberikan informasinya untuk Anda. Berikut ulasannya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Pengertian Prabayar dan Pascabayar

Prabayar adalah metode pembayaran yang dilakukan di muka sebelum mendapatkan manfaat atau pun menggunakan suatu jasa atau barang yang Anda butuhkan. Sedangkan pascabayar ini merupakan metode pembayaran yang dilakukan setelah Anda mendapatkan jaasa atau barang yang sudah dibutuhan. Umumnya, pada nantinya Anda akan diberikan sebuah tagihan yang harus dilunasi pada tiap bulannya.

Perlu diketahui terdapat beberapa barang atau jasa tertentu yang khusus dilakukan dengan menggunakan metde prabayar maupun pascabayar. Jadi tiap metode pembayaran tersebut memiliki contoh penggunaan yang tentu berbeda. Akan tetapi, prabayar menjadi metode paling sering diigunakan oleh masyarakat jika dibandingkan dengan pascabayar.

Penggunaan Prabayar

Prabayar merupakan transaksi yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat. Seperti misalnya ketika Anda melakukan kegiatan jual beli barang-barang kebutuhan di pasar tradisional, pusat perbelanjaan atau pun swalayan lainnya. Contoh penggunaan prabayar ini juga kerap kali digunakan dalam kegiatan sewa rumah sehingga biasanya seseorang yang menyewa akan memberikan pembayaran di muka kepada pemilik rumah untuk biaya beberapa bulan hingga satu tahun ke depan.

Metode prabayar ini juga sangat umum digunakan pada pembelian paket internet serta kebel internet di mana konsumen akan membeli data internet dengan menggunakan hitungan mingguan. Selain itu, konsumen juga dapat membeli data internet dengan hitungan bulanan dengan berbagai fasilitas yang sudah disediakan di dalam fitur tersebut.

Penggunaan Pascabayar

Selain ada prabayar, ada pula penggunaan metode pascabayar. Pada umumnya, transaksi pascabayar ini kerap kali digunakan dalam kebutuhan listrik atau pun air yang dibayarkan setiap akhir bulan setelah pemakaian. Penggunaan layanan akan mendapatkan besaran tagihan yang pada nantinya juga harus dibayarkan sesuai dengan jumlah tagihan yang sudah digunakan dalam kurun waktu satu bulan tersebut.

Metode pembayaran ini juga sering kali digunakan dalam kegiatan penyewaan kamar hotel atau penginapan. Biasanya, penyewa kamar akan membayarkan jumlah tagihan sewa ketika melakukan check out atau keluar dari hotel tersebut. Nah dalam hal ini merupakan tugas dari seorang resepsionis yang akan menjumlah biaya sewa serta beberapa biaya tambahan lainnya yang sempat digunakan selama tamu melakukan penyewaan kamar.

Keuntungan dan Kerugian dari Prabayar dan Pascabayar

Apabila Anda sudah memahami tentang uraian tentang perbedaan prabayar dan pascabayar beserta contoh penggunaannya dapat diketahui bahwa masing-masing metode pembayaran memiliki kelebihan serta kekurangannya. Pada metode prabayar, konsumen dapat membayarkan sejumlah uang serta dapat menggunakan manfaat jasa atau barang yang sudah dibutuhkan dengan nyaman dan juga tenang.

Sedangkan, metode pascabayar lebih membuat pelanggan akan mendapatkan tagihan biaya persis berdasarkan jumlah pemakaian yang telah dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Maka pelanggan tak akan merasa rugi lantaran biaya yang dikeluarkan ini setara dengan pemakaiannya. Akan tetapi, pelanggan dalam hal ini tidak tahu menahu jika pada nantinya penggunaan dapat menghasilkan biaya tagihan yang sangat membengkak.

Maka Anda perlu berhemat dalam penggunaan air dan juga listrik apabila tidak ingin tagihan membengkak dan pemakaiannya tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berita terkait: