Pengungsi Sudah Kembali ke Rumah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, semua pengungsi akibat banjir Jakarta sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Rumah-rumah yang sempat terkena banjir juga telah dibersihkan.

“Alhamdulillah sampai pagi ini tenda pengungsian masih ada, tetapi pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (22/2/2021).

Anies mengatakan, tempat dan fasilitas pengungsian masih ada untuk menyiapkan dan menampung kebutuhan pangan dari warga terdampak. Pemprov DKI akan tetap memfasilitasi warga terdampak hingga bisa beraktivitas normal kembali.

BACA JUGA

Pascabanjir, Anies: Perekonomian dan Pemerintahan di DKI Kembali Normal

“Fasilitas tenda masih tetap disiapkan, fasilitas kebutuhan pangan masih tetap disiapkan sehingga mereka masih punya tempat berteduh sambil semua kerja bakti untuk membersihkan tempat yang terdampak oleh banjir,” tutur dia.

Tempat pengungsian, kata Anies, memang dirancang sebagai tempat tinggal sementara bagi warga terdampak banjir. Ketika kondisi sudah normal kembali, kata dia, maka warga terdampak bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

BACA JUGA

Anies-Riza Melayat ke Rumah Duka Keluarga Korban Banjir

“Saya ingin sampaikan terima kasih, apresiasi kepada seluruh jajaran TNI-Polri, PMI, organisasi kemasyarakatan yang terlibat langsung dalam kegiatan ikhtiar menyelamatkan dan mengurangi beban saudara-saudara kita yang terdampak oleh hujan ekstrem tersebut,” ungkap dia.

Berdasarkan data dari BPBD, hingga Minggu (21/2/2021) pukul 15.00 WIB, jumlah pengungsi akibat banjir Jakarta sebanyak 1.332 jiwa dari 384 keluarga, semuanya dari wilayah Jakarta Timur, dengan sembilan lokasi pengungsian. Angka tersebut juga telah menurun dari sebelumnya, yang mencapai 3.311 jiwa pengungsi, tersebar di 44 lokasi pengungsian.

Berita terkait: