Penahanan Rizieq Dipindah ke Bareskrim Polri

, Rizieq yang mengenakan baju tahanan warna oranye, tampak keluar Rutan Narkoba Polda Metro Jaya sambil mengangkat tangannya yang diikat tali tis, sekitar pukul 14.50 WIB.

Rizieq terlihat sehat ketika keluar dari pintu gerbang rutan. Tak banyak kata yang disampaikan petinggi Front Pembela Islam (FPI), ormas yang telah dibubarkan pemerintah itu.

“Revolusi ahlak. Allahu Akbar,” kata Rizieq ketika keluar Rutan Narkoba Polda Metro Jaya, Kamis (14/1/2021).

Rizieq kemudian masuk ke dalam mobil jenis SUV berwarna hitam dengan nomor polisi B 2000 PH. Dia duduk di bangku tengah dijaga anggota Polri.

BACA JUGA

Terancam 10 Tahun, Rizieq Dianggap Berbohong Saat Positif Covid-19

Selanjutnya, dengan pengawalan ketat dari anggota Brimob Polda Metro Jaya, Rizieq dibawa ke Rutan Bareskrim Polri untuk melanjuti proses hukumnya.

Sementara itu, pihak keluarga dan pengacara lebih dulu keluar dari dalam rutan. Mereka terlihat menumpang kendaraan lain mengikuti rombongan.

Seperti diberitakan, Rizieq saat ini berstatus tersangka dalam tiga kasus berbeda. Dalam kasus tes swab di RS Ummi Bogor, Rizieq jadi tersangka bersama dengan Muhammad Hanif Alatas (menantu Rizieq) dan Andi Tatat (Dirut Rumah Sakit Ummi Bogor). Mereka dijerat Pasal 14 ayat 1 dan 2 UU 4 tahun 1984 tentang Wabah Penyakit dengan ancaman pidana 6 bulan-1 tahun penjara.

BACA JUGA

Gugatan Praperadilan Rizieq Syihab Ditolak

Lalu, Pasal 14 dan 15 UU 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana tentang menyiarkan berita bohong dan menerbitkan keonaran dengan ancaman pidana 10 tahun. Dan, Pasal 216 KUHP dengan sengaja tidak mengikuti perintah yang dilakukan menurut UU atau dengan sengaja menghalangi tindakan pejabat dengan ancaman 4 bulan penjara.

Sebelumnya Rizieq juga menjadi tersangka kerumunan di Megamendung dia bertindak sebagai penyelenggara sekaligus penanggung jawab. Untuk kasus ini Rizieq dijerat dengan Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, dan Pasal 216 KUHP.

Kemudian, Rizieq juga sudah menjadi tersangka dan ditahan di Polda Metro dengan Pasal 160 KUHP tentang hasutan melakukan tindak pidana dan Pasal 216 KUHP tentang melawan petugas terkait kasus Petamburan.

Berita terkait: