Pelita Jaya kewalahan tundukkan Indonesia Patriots

Jakarta – Pelita Jaya Bakrie Jakarta sempat kewalahan menghadapi Indonesia Patriots sebelum akhirnya bisa memenangi pertandingan dengan skor 75-70 dalam lanjutan seri keempat Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 di gelembung Robinson Resort, Bogor, Kamis.

Agassi Gokeluar sebagai top skor Pelita lewat raihan 17 poin. Vincent Rivaldi Kosasih mencatatkan double-double dengan 13 poin dan 15 rebound, dan Reggie Mononimbar menambahkan 13 poin.

Sedangkan Muhamad Arighi mencetak 16 poin bagi Patriots, diikuti 12 poin dari Yudha Saputera, dan Dame Diagne yang memulai dari bangku cadang menyumbang 11 poin, demikian catatan resmi IBL.

Pelita Jaya langsung mendominasi jalannya pertandingan sejak tepis mula untuk unggul 13-0. Kebuntuan Patriots baru dipecahkan saat laga sudah berjalan lima menit lewat layup Yesaya Saudale. Namun Pelita tetap memimpin saat kuarter pertama ditutup dengan skor 18-10.

Baca juga: Pelita Jaya catat sembilan kemenangan berturut-turut

“Kuarter kedua kami sempat kewalahan menghadapi perjuangan Patriots. Setelah ada penyesuaian baru kami bisa mengatasi paa kuarter berikutnya,” kata pelatih kepala Pelita Jaya, Ocky Tamtelahitu usai laga.

“Kredit buat para pemain Patriots. Juga kepada para pemain Pelita yang bisa melepaskan diri dari tekanan,” sambung dia.

Patriots mulai bangkit pada kuarter kedua dengan melesakkan empat tembakan yang berbuah tripoin. Dua lemparan dua angka dari Dame Diagna membawa timnas elite muda itu berbalik memimpin 31-28 sebelum turun minum.

Meski begitu, tak butuh waktu lama bagi Pelita untuk mengambil alih keunggulan berkat jump shot Reggie dan Agassi di periode berikutnya. Selepas itu, kedua tim mulai terlibat kejar-kejaran poin di mana jarak poin hanya terpaut dua hingga tiga angka. Pelita Jaya akhirnya unggul satu angka 48-47 pada akhir kuarter ketiga.

Baca juga: Hasil IBL 2021: Bima Perkasa jaga asa playoff setelah bungkam NSH

Pelita Jaya masih dibuat kesusahan oleh para pemain Patriots di kuarter terakhir. Layup Arighi sempat membawa Patriots kian mendekat 64-65 pada sisa waktu tiga menit 42 detik.

Namun perolehan poin Patriots langsung buntu saat Yesaya diganjar hukuman oleh wasit karena dinilai telah melakukan technical foul . Setelah kedudukan 71-70, Pelita menambah empat poin lewat lemparan gratis untuk memastikan kemenangan Pelita dengan skor 75-70.

Manajer Indonesia Patriots Andi “Batam” Poedjakesuma mengatakan kekalahan ini akan menjadi bahan evaluasi untuk timnya.

“Setelah fase pertama IBL ini, kami akan melakukan evaluasi. Di awal kompetisi anak-anak mengejutkan, namun di akhir-akhir kompetisi seperti ada penurunan. Kami akan evaluasi dari segala sisi, bisa juga ada faktor kejenuhan bermain dalam gelembung,” kata Andi.

Baca juga: Arki bawa Satria Muda tundukan Bima Perkasa lewat perpanjangan waktu

Berita terkait: