PBNU Nilai Komjen Sigit Sosok Profesional

– Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan sosok profesional dan berpengalaman. Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Sigit sebagai calon tunggal Kapolri dipandang tepat.

“Saya kira keputusan Presiden adalah langkah yang tepat. Kita harus memahami bahwa harus ada kesenyawaan juga dengan Presiden, karena Kapolri tentu akan melekat untuk bisa melihat garis-garis kebijakan Presiden apa. Jadi harus orang yang bisa mengerti, dan dari sisi itu saya kira Pak Sigit punya jam terbang sekaligus beliau adalah jenderal yang profesional,” kata Sekjen PBNU Helmy Faishal, Rabu (13/1/2021).

BACA JUGA

PBB Dukung Penuh Calon Kapolri Pilihan Jokowi

Helmy pun mengapresiasi kinerja Sigit selama bertugas sebagai Kabareskrim. Misalnya terkait pengungkapan jaringan terorisme. “Semasa beliau menjabat Kabareskrim, kita bisa lihat penanganan terorisme, menunjukkan negara hadir dalam situasi ini. Itu kan peran dari Bareskrim juga menentukan,” ucap Helmy.

Helmy pun menyebut, “Isu-isu besar yang selama ini tertutup dan tidak terungkap, di masa Pak Sigit ini dilakukan upaya-upaya penangkapan. Tentu tantangan-tantangan ke depan besar sekali, diperlukan kesigapan dan tentu sikap tegas Kapolri nanti ke depan.”

Akan tetapi, Helmy mengatakan terdapat sejumlah tugas yang harus dijalankan Sigit apabila disetujui DPR menjadi Kapolri. Helmy mengatakan tugas tersebut antara lain terkait pemberantasan narkoba dan radikalisme.

“Jadi tantangan ke depan adalah radikalisme, terorisme, dan pemberantasan narkoba. Itu saya kita yang selama ini menjadi keprihatinan kita bersama. Kemudian, masalah keamanan dalam negeri,” ucap Helmy.

BACA JUGA

Jokowi Pilih Listyo Sigit Jadi Kapolri, Ini Komentar PKS

Helmy menuturkan Sigit juga dekat dengan kalangan ulama. Helmy berharap Sigit dapat memberikan pengaruh besar apabila dilantik menjadi Kapolri.

“Pak Sigit itu rajin bersilaturahmi ke para ulama, para kiai. Mudah-mudahan beliau bisa amanah, profesional dan bisa mengembalikan citra polisi agar bisa diterima oleh masyarakat. Mudah-mudahan peran Pak Sigit akan besar sekali dan saya percaya insyaallah beliau mampu melakukan itu,” kata Helmy.

Berita terkait: