Panglima TNI Ungkap Jajarannya Terus Bantu Penanganan Covid-19

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan, selama ini TNI dan Polri beserta komponen bangsa lainnya tengah melakukan upaya extraordinary untuk menurunkan angka penularan Covid-19 di delapan provinsi prioritas. Delapan provinsi itu yakni Sumatera Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Misalnya dengan menggencarkan testing, tracing dan treatment atau 3T, termasuk meningkatkan kapasitas rumah sakit dan layanan kesehatan, memperketat pengawasan di perbatasan serta penegakkan disiplin protokol kesehatan.

“Masyakarat tidak boleh beranggapan dengan berakhirnya PSBB sama dengan berakhirnya pandemi. Untuk itu, keluarga besar TNI harus menyampaikan informasi yang benar terkait pandemi kepada masyarakat di lingkungan sekitar,” kata Hadi dalam Apel Upacara Bendera di Mabes TNI Cilangkap, Jumat (17/7/2020).

Hadi menyatakan saat ini jangan sampai ada hoaks di media sosial yang menjadi penghambat upaya untuk mengendalikan pandemi. Hadi juga di samping menghadapi krisis kesehatan, prajurit dan PNS TNI juga berada di bawah bayang-bayang krisis ekonomi.

“Oleh karena itu, harus terus memperkuat kerja sama lintas sektoral. Disiplin melaksanakan protokol kesehatan, kreatifitas dan pemanfaatan teknologi sederhana menjadi kunci agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19,” tegas Hadi.

Menurut Hadi, upaya-upaya ketahanan pangan yang selama ini telah dilaksanakan juga harus terus dijaga. Hadi pun mendorong kreativitas seluruh anggota TNI untuk memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan serta turut mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Prajurit dan PNS TNI dapat dengan mudah mengakses teknik-teknik penanaman tanaman pangan maupun peternakan dan perikanan di dunia maya,” kata Hadi.

Berita terkait: