Operasional Pesawat Boeing 777 Ditangguhkan

Maskapai United Airlines menangguhkan semua pesawat Boeing 777-nya yang saat ini beroperasi. Seperti dilaporkan CNN, Senin (22/2) semua pesawat itu ditenagai oleh mesin seri Pratt & Whitney 4000.

Penangguhan 24 pesawat Boeing 777 itu dilakukan setelah Administrasi Penerbangan Federal (FAA) Amerika Serikat (AS) menyerukan peningkatan inspeksi. FAA mengeluarkan perintah darurat yang menyatakan akan meningkatkan inspeksi pesawat Boeing 777 yang dilengkapi dengan mesin Pratt & Whitney PW4000 tertentu.

“Kami meninjau semua data keselamatan yang tersedia setelah insiden kemarin,” kata Administrator FAA Steve Dickson.

Pernyataan Dickson mengacu pada penerbangan United Airlines yang terpaksa kembali ke Bandara Internasional Denver pada Sabtu (20/2) setelah mengalami kerusakan mesin tak lama setelah lepas landas. Kerusakan menyebabkan puing-puing pesawat Boeing 777 berjatuhan.

BACA JUGA

Mesin Pesawat Rusak, Boeing 777 United Airlines Mendarat Selamat

“Berdasarkan informasi awal, kami menyimpulkan bahwa interval pemeriksaan harus ditingkatkan untuk bilah kipas berlubang yang unik pada model mesin ini, yang hanya digunakan pada pesawat Boeing 777,” kata Dickson.

Badan Keselamatan Transportasi Nasional mengatakan Minggu pemeriksaan awal mesin Pratt & Whitney PW4077 dari United Airlines Penerbangan 328 menunjukkan bahwa dua bilah kipas retak dan bilah yang tersisa menunjukkan kerusakan “pada ujung dan tepi depan.”

Laporan ini adalah temuan awal dan tidak boleh dianggap sebagai kesimpulan dari apa yang salah pada hari Sabtu, tetapi masih signifikan.

“Para penyelidik yakin bilah kipas di mesin Boeing 777 yang mengalami kerusakan mesin pada hari Sabtu akhirnya lepas dan mencopot bilah lain,” kata sumber yang mengetahui situasi itu kepada CNN.

Berita terkait: