Operasi Patuh Jaya di Tangerang, 103 Orang Ditilang

Polres Metro Kota Tangerang sudah dua hari ini menyelenggarakan giat Operasi Patuh Jaya 2020 yang diselenggarakan sejak 23 Juli hingga 5 Agustus 2020 mendatang. Dari dua hari penyelenggaraan operasi tersebut, Polres Metro Kota Tangerang telah melakukan penindakan kepada 223 pelanggar lalu lintas, di mana 103 pelanggar di antaranya dilakukan tindakan penilangan.

Hal tersebut diungkapkan Kabag Operasi Polres Metro Kota Tangerang, AKBP Ruslan, S.Sos saat ditemui di Kantor Walikota Tangerang, Jumat (24/7/2020).

“Kalau dari data hari pertama penyelenggaraan Operasi Patuh Jaya 2020 kemarin ada 46 orang pelanggar yang dikenakan sanksi tilang karena melakukan pelanggaran lalu lintas. Untuk hari ini ada 57 orang yang ditilang. Sedangkan 120 orang lainnya hanya diberikan teguran lisan terhadap pelanggarannya. Khusus untuk pelanggar yang masa SIM dan STNK-nya habis yang terjadi saat Covid-19, kita hanya berikan peringatan untuk segera mengurus surat-suratnya karena itu untuk kelengkapan saat berkendara,” ungkap AKBP Ruslan.

Senada dengan Kabagops, Kompol Jamal Alam mengatakan Operasi Patuh Jaya 2020 ini melibatkan 70 personel dari Satuan Lalu Lintas Polres Metro Kota Tangerang yang tersebar di beberapa titik lokasi operasi.

“Ada 70 personel yang kita libatkan dalam Operasi Patuh Jaya 2020 ini yang ditempatkan di beberapa titik operasi dimana mereka dibagi dalam beberapa bagian yakni Satgas Deteksi, Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Refresif, dan Satgas Banops. Dan Operasi ini dikhususkan pada lima pelanggaran seperti melawan arus, penggunaan helm berstandar SNI, Marka Jalan, penggunaan sirine atau strobo pada kendaraan sipil dan melintas di bahu jalan,” tambahnya.

“Sedangkan untuk pelanggaran kecil seperti pengemudi atau penumpang tidak mengenakan masker dan tidak menjalakan protokoler kesehatan kita hanya beri teguran lisan,” tandasnya.

Operasi Patuh Jaya 2020 sendiri merupakan Operasi disiplin yang diterapkan Polri di tengah Pandemi Covid-19. Dimana tujuan dari Operasi Patuh Jaya 2020 ini untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat tentang taat berlalu lintas, mengurangi angka kecelakaan dan membantu program pemerintah dalam rangka mendisplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Berita terkait: