Menteri Bambang: Pemerintah Perbanyak Inovasi Teknologi untuk Lawan Covid

– Pemerintah terus menambah inovasi teknologi dalam penanganan pandemi Covid-19. Inovasi teknologi meliputi beberapa hal, mulai dari alat pencegahan, tes virus hingga vaksin.

Menteri Riset & Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan salah satu inovasi yang kini tengah dikembangkan adalah alat buatan dari PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk. (SCNP) bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) yakni alat air purifier turbo.

Bambang mengatakan perangkat air purifier turbo dari SCNP merupakan inovasi positif dalam yang membuat udara menjadi bersih dari polutan.

“Perangkat ini seperti suplemen, yang potensinya sangat layak untuk diuji lebih lanjut dalam upaya membasmi Covid-19,” kata Bambang melalui keterangan resmi, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: Ajuan Hak Paten Teknologi Nirkabel, Posisi Huawei Kalahkan Qualcomm

Dia menambahkan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) siap berkolaborasi dengan SCNP dalam melakukan pengujian efektivitas air purifier turbo secara langsung terhadap virus Covid-19 di laboratorium khusus.

Sementara itu, Direktur Utama SCNP Hendrik Nursalim menyatakan air purifier yang diproduksi oleh perseroan diperuntukkan bagi pelaku industri dan rumah tangga mengingat menjaga kualitas udara adalah hal yang terpenting di era pandemi seperti saat ini.

“Udara yang sehat, bersih dan minum dari kuman, polutan, virus, bakteri yang dapat membahayakan kesehatan manusia, merupakan proposisi nilai utama dan sangat dibutuhkan oleh pelaku industri (perkantoran/pabrik) dan rumah tangga saat ini,” tuturnya.

Dalam paparannya, Direktur Operasi SCNP Shirly Effendy menyatakan bahwa air purifier mampu menyediakan kebutuhan manusia akan udara sehat dan bersih, yang diperoleh melalui 4 tahap secara teknis

Air purifier besutan SCNP juga diklaim hanya memakan energi 35 watt namun sanggup menyaring udara dengan debit 167m3/jam dalam ruang berdimensi 8x8x3 meter.

Baca Juga: Teknologi Plasmacluster Diklaim Dapat Bersihkan Udara 90 Persen dari Corona

“Tingkat kemurnian udara juga diukur menggunakan detektor khusus sebelum dan sesudah penggunaan air purifier dalam ruangan,” tutur Shirly.

Berita terkait: