Layanan Grup Telkom di NTT Masih Terganggu Akibat Siklon Tropis Seroja

– PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menyatakan layanan telekomunikasi dan internet di beberapa wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengalami gangguan pada Rabu (7/4/2021) mulai pukul 05.09 WIB akibat cuaca ekstrem yang dipicu Siklon Tropis Seroja .

Gangguan terjadi akibat putusnya jaringan fiber optic ruas Maumere – Larantuka, menyusul sebelumnya hal yang sama terjadi pada ruas fiber optic Kupang – Soe akibat bencana longsor dan jembatan putus sehubungan dengan kondisi cuaca ekstrem.

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan akibat terganggunya layanan TelkomGroup di sebagian wilayah NTT ,” kata Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Daerah yang terdampak gangguan layanan, di antaranya Atambua, Soe, Larantuka, dan Kalabahi. Sementara untuk layanan TelkomGroup di wilayah Kupang terpantau aman dan berjalan normal.

Baca Juga: Update Banjir Bandang NTT: 124 Meninggal, 74 Hilang, 13.230 Mengungsi

Menurut Pujo, saat ini Telkom telah mengirimkan teknisi ke berbagai lokasi jaringan yang terdampak bencana longsor untuk segera dilakukan perbaikan. Namun, kondisi medan yang cukup sulit dijangkau akibat jembatan putus dan kondisi jaringan yang terdampak, sehingga membutuhkan waktu untuk perbaikan.

“Kami juga mengirimkan bantuan teknisi dari Denpasar untuk mempercepat perbaikan jaringan agar segera kembali normal,” katanya.

Pujo menambahkan, Telkom akan terus memonitor proses perbaikan layanan dan menyiagakan teknisi untuk mengamankan layanan di wilayah NTT lainnya. Telkom juga tengah menyiapkan jalur alternatif sementara untuk mempercepat layanan dapat pulih kembali.

“Telkom turut berduka atas kondisi yang terjadi di NTT. Kami telah menyalurkan bantuan sembako dan kebutuhan lainnya kepada masyarakat terdampak,” kata Pujo.

Baca Juga: Bocah Ditemukan Selamat di Batang Pohon Setelah Terseret Banjir di NTT

Berita terkait: