Kempora Kucurkan Rp 50,6 Miliar untuk Fasilitasi Pelatnas PSSI

Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kempora ) mengucurkan Rp 50,6 miliar untuk memfasilitasi pemusatan latihan nasional (pelatnas) tim nasional U-19 yang diproyeksikan akan bertanding di Piala Dunia U-20  2021.

Kucuran dana ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia ( PSSI ) Mochamad Iriawan bersama Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kempora Yayan Rubaeni di Wisma Kempora, Jakarta, Senin (27/7/2020).

Penandatanganan ini juga disaksikan oleh Menpora Zainudin Amali.

Sebelumnya, PSSI mengajukan anggaran sebesar Rp 69,1 miliar. Kemudian, pemerintah menyetujui anggaran sebesar Rp 50,6 untuk memfasilitasi 46 atlet, 7 pelatih, 8 tenaga pendukung.

Nantinya, dana ini akan digunakan untuk honorarium, akomodasi dan konsumsi, suplemen, try out dan training camp luar negeri, transportasi, peralatan atau perlengkapan latihan tanding dan dukungan sports science , serta perlindungan kesehatan.

“Ini (PSSI) cabor yang selama ini tidak pernah meminta bantuan kepada pemerintah, tetapi sekarang kewajiban pemerintah untuk membiayai Timnas U-19 yang diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021 nanti,” kata Menpora Zainudin dalam sambutannya.

Piala Dunia U-20 2021 Harus Sukses

Sementara itu, Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengapresiasi dukungan Kempora terhadap sepak bola nasional khususnya persiapan Timnas U-19 menuju Piala Dunia U-20. Dirinya juga memaparkan rencana persiapan timnas dalam menghadapi Piala Dunia.

“Kami laporkan timnas try out ke luar negeri. Rencana disepakati ke Korea Selatan, namun kita lihat perkembangan. Timnas nanti akan ikut Piala AFC bulan Oktober di Uzbekistan (2020),” jelas Iriawan.

“Sekali lagi terima kasih tak terhingga. Kami akan maksimal, tentunya masalah pendanaan PSSI akan melakukan dengan baik. Terima kasih Pak Menpora,” tutupnya.

Berita terkait: