Kebutuhan Sekunder Manusia

– Apakah kalian tahu apa itu kebutuhan sekunder manusia ? Lantas faktor apa yang mempengaruhinya? Simak penjelasan berikut ini.

Manusia hidup tentu membutuhkan berbagai kebutuhan. Mulai dari makanan, pakaian, hingga ponsel adalah contoh hal-hal yang dibutuhkan oleh sebagian orang. Bahkan dalam pratiknya, kebutuhan dibagi menjadi tiga yakni kebutuhan primer , sekunder dan tersier. 

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang memiliki prioritas tinggi sebagai kebutuhan dasar manusia seperti sandang, pangan, dan papan. Namun, bukan berarti kebutuhan sekunder tidak lebih penting dari kebutuhan primer. Berikut ini penjelasan mengenai kebutuhan sekunder manusia. 

1. Pengertian Kebutuhan Sekunder 

Baca Juga: Kebutuhan Primer Manusia

Kebutuhan sekunder berperan sebagai penunjang kebutuhan primer. Sehingga keberadaannya berada di bawah kebutuhan primer. Jika dalam kehidupan Anda telah memenuhi kebutuhan primer, maka selanjutnya bisa memilih untuk melengkapi kebutuhan sekunder Anda. 

Meskipun apabila tidak memenuhi kebutuhan sekunder tidak akan mengancam nyawa, namun jika tak dipenuhi juga bisa mengganggu kegiatan maupun aktivitas Anda sehari-hari. Sebab, kebutuhan sekunder ini berbeda-beda setiap orang tergantung masing-masing individu. 

Umumnya, kebutuhan sekunder bersifat psikologis seperti kebutuhan akan pengasuhan, kemandirian, dan pencapaian. Memilih kebutuhan sekunder ini juga sekaligus mengajarkan manusia untuk tidak impulsif dalam membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. 

2. Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder  

  1. Perkembangan Zaman
    Seiring perkembangan zaman yang kian maju, tentu kebutuhan sekunder manusia berubah. Hal yang semula dirasa tidak begitu penting, kini menjadi sebuah kebutuhan pelengkap yang harus dimiliki. Misalnya, alat-alat elektronik dan komunikasi untuk menunjang kelancaran aktivitas.
  2. Faktor Lingkungan
    Setiap orang tentu memiliki lingkungan dan tempat tinggal yang berbeda. Hal ini juga turut mempengaruhi kebutuhan sekunder. Misalnya, seseorang tinggal di daerah dengan lima musim tentu jenis pakaian, cara bertahan hidup, berbeda dengan mereka yang tinggal di wilayah dua musim. Sehingga kebutuhan sekunder yang dimiliki juga berbeda.
  3. Agama
    Agama juga berperan penting dalam menentukan jenis kebutuhan sekunder seseorang. Misalnya, seorang muslim tentu memiliki kebutuhan sekunder yang berbeda dengan seseorang beragama Kristen, Hindu, Budha, maupun Katolik. Cara beribadah yang berbeda juga turut mempengaruhi pemilihan kebutuhan sekunder ini. Misalnya, seorang muslim butuh mukena, sarung, dan Alquran untuk menjalankan ibadahnya sedangkan seseorang beragama Kristen hanya perlu datang ke gereja membawa Alkitab dan berpakaian rapi untuk berdoa. 

Selain ketiga faktor di atas, faktor lain seperti adat istiadat dan norma di dalam masyarakat juga berpengaruh terhadap kebutuhan sekunder seseorang. 

Baca Juga: Pengertian Interaksi Sosial oleh Para Ahli

Seperti itulah penjelasan mengenai kebutuhan sekunder manusia. Apakah Anda sudah paham?

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Berita terkait: