JPKM Berikan Bantuan ke Jurnalis Terdampak Banjir

Kondisi curah hujan ekstrem yang terjadi secara merata terutama Jabodetabek beberapa hari terakhir menyebabkan beberapa wilayah di daerah tersebut tergenang banjir . Rumah warga terendam dan menghambat akses transportasi.

Ketua Jurnalis Peduli Kesehatan Masyarakat (JPKM) Irwen Azhari mengatakan, sebagai gerakan sosial JPKM melakukan aksi JPKM Peduli. Aksi itu berupa penyaluran bantuan paket sembako yang diserahkan kepada para jurnalis yang rumahnya terdampak banjir. Selain itu, menyalurkan bantuan paket peralatan kebersihan.

“JPKM juga melakukan bantuan evakuasi kepada keluarga jurnalis yang terjebak banjir serta menginisasi perbaikan kendaraan bermotor warga sehingga tidak perlu lagi harus antri ke bengkel, cukup menunggu di rumah saja,” katanya di sela penyerahan sembako di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (23/2/2021).

BACA JUGA

Tanggul Jebol di Empat Lokasi Perparah Banjir Jakarta-Bekasi

Menurut Irwen, kegiatan pemberian paket bantuan ini diharapkan meringankan beban jurnalis yang sehari-hari melakukan kegiatan peliputan berita di medianya masing-masing.

“Sebagai insan media, kami harus peduli terhadap kondisi teman-teman media yang saat ini rumahnya terdampak banjir,” tuturnya.

Adapun proses distribusi paket sembako, JPKM tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan terutama physically distancing (jaga jarak).

Penyaluran paket bantuan sembako dilakukan dalam beberapa tahap untuk menghindari penumpukan dan kerumunan dalam pelaksanaan penerimaan bantuan. Sebagian paket dikirim menggunakan angkutan ojek.

Corporate Secretary PT Intiland Development Tbk (DILD) Theresia Rustandi mengatakan, banjir adalah masalah bersama yang harus ditangani dan dicarikan solusi secara kolektif, khususnya bagi masyarakat yang terkena musibah. Ia sangat mengapresiasi aksi nyata yang dilakukan JPKM ini karena langsung terjun ke lapangan dan membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga bisa bermanfaat untuk membantu teman-teman kita yang lagi ditimpa musibah. Mari kita bergandeng tangan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terkena musibah banjir,” ujar Theresia.

BACA JUGA

Banjir Surut, Aparat dan Warga Bersihkan Jalan KH Hasyim Ashari Ciledug

Sementara Head of PR dan CSR PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) Firlan mengungkapkan kegiatan pemberian sembako ini bagian dari CSR perusahaan, yaitu WEGE Peduli yang menjadi komitmen kepedulian perusahaan terhadap masyarakat khususnya rekan-rekan media yang terkena dampak banjir baru-baru ini.

Dalam kegiatan JPKM Peduli kali ini JPKM bersinergi dengan PT Intiland Development Tbk (DILD), PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WIKA Gedung) dan beberapa donatur lainnya.

Berita terkait: