Jarang Terjadi, Jenderal Polisi Ini Gotong Berkarung Beras Lalu Diberi Warga Miskin

Irjen Pol (Purn) Umar Septono, merupakan seorang Purnawirawan Polri yang sempat menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri, sebelum pensiun pada tahun 2020 lalu. Sebelum menerima promosi kenaikan jabatan tersebut, ia merupakan mantan Kapolda Sulawesi Selatan yang dikenal sebagai pemimpin agamis dan dekat dengan masyarakat.

Selama menjabat sebagai Kapolda Sulsel, Umar memiliki agenda khusus untuk bersilaturahmi dengan masyarakat kalangan bawah. Hal tersebut, terlihat dalam sebuah video yang diunggah di kanal Youtube HUMAS POLDA SULSEL, pada tahun 2018 lalu. Berikut potretnya:

Silaturahmi ke Warga Kurang Mampu dan Panggul Beras Sendiri

Melansir dari sebuah video yang diunggah pada Agustus 2018 lalu, Irjen Umar bersama jajarannya terlihat bersilaturahmi mengunjungi rumah seorang lansia yang ada di Sulawesi Selatan. Ia bahkan nampak membawa sendiri dua karung beras seberat 50 kilogram, menuju ke kediaman lansia yang akan ia kunjungi.

potret irjen umar septono

Youtube/HUMAS POLDA SULSEL ©2021

Sesampainya di rumah yang ia tuju, Umar pun langsung memberikan beras yang dibawa olehnya. Ia juga nampak memberikan salam, dengan mencium tangan seorang nenek yang ada di rumah tersebut.

“Ibu ada rezeki dari Allah nih,” kata Umar sambil menurunkan beras yang dipanggulnya.

potret irjen umar septono

Youtube/HUMAS POLDA SULSEL ©2021

Jenguk Anggotanya

Di video yang lain, Umar juga terlihat datang mengunjungi rumah salah satu anggotanya, Bripka Mashuddin. Dalam keterangan video, dikatakan jika Irjen Umar yang tengah melakukan olahraga bersepeda, sengaja menyempatkan diri untuk mampir ke kediaman anggotanya itu.

Diketahui jika Bripka Mashuddin mengalami kecelakaan lantas, sehingga membuatnya kini hanya bisa terkulai lemas di kursi roda.

Dalam video, nampak Umar mengajak berbincang Bripka Mashuddin bersama keluarganya. Di tengah perbincangannya, ia bahkan nampak mencium tangan Bripka Mashuddin. Pemandangan itupun sontak membuat keluarga dan tetangga yang menyaksikannya menitihkan air mata melihat kepedulian irjen Umar.

potret irjen umar septono

Youtube/HUMAS POLDA SULSEL ©2021

Ambil Beras dan Panggul Sendiri

Di tengah perbincangan, Irjen Umar terlihat berpamitan dan meninggalkan rumah anggotanya itu menggunakan sepedanya. Tak lama kemudian, ia nampak kembali dengan membawa beberapa kantong plastik berisi beras yang dipanggulnya sendiri.

potret irjen umar septono

Youtube/HUMAS POLDA SULSEL ©2021

“Tangis harupun pecah oleh Keluarga Bripka Mashuddin seolah tak percaya seorang Jenderal sagat peduli dengan keluarganya,” tulis keterangan video.

Banyak yang menyebut, Irjen Umar merupakan sosok pemimpin yang sangat rendah hati dan peduli terhadap sesama. Menurut informasi yang berhasil didapat, ia bahkan disebut pernah sengaja mengundang sejumlah penyapu jalanan, dan mengajak mereka untuk makan bersama di Mapolda Sulsel.

Berita terkait: