Festival Sains dan Budaya 2021 Wujudkan Generasi Muda Inovatif

Sebagai upaya membangun karakter generasi muda pada masa pandemi Covid-19, lembaga pendidikan Eduversal mengadakan Festival Sains dan Budaya (FSB) 2021.

Direktur Eduversal Indonesia, Dwi Prajitno Wibowo mengatakan, FSB yang merupakan gabungan penyelenggaran Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dan Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (Osebi) akan diselenggarakan secara virtual atau dalam jaringan (daring).

“Pandemi ini menyadarkan kita untuk lebih kreatif dan inovatif, agar tetap bertahan di tengah bencana yang menimpa seluruh bangsa di dunia,” kata Dwi pada saat konferensi pers daring tentang Festival Sains dan Budaya 2021, Sabtu (17/10/2020).

Dwi menyebutkan, FSB untuk membangun karakter generasi muda agar dapat mengurai dan menganalisis masalah serta memberikan solusi dalam setiap tantangan zaman.

BACA JUGA

Generasi Muda Didorong Wujudkan Inovasi Digital Berdampak Sosial

FSB diadakan untuk semua jenjang pendidikan mulai SD/MI, SMP/Mts, SMA/MA, dan SMK di seluruh Indonesia. Adapun tema yang diangkat yakni Kreativitas Menembus Batas. Tema ini disesuaikan dengan kondisi penyelenggaraan FSB 2021 pada masa pandemi Covid-19. “Pandemi bukan halangan untuk mereka tetap berkreatif dan berkarya menembus batas,” kata Dwi.

Khusus untuk ISPO, terdiri dari enam kategori yakni, teknologi, lingkungan hidup, kimia, komputer, fisika, dan biologi. Sedangkan Osebi ada enam kategori di antaranya menulis puisi, cerita pendek, menulis esai, menyanyi, kreatif dance, dan penampilan puisi.

Dwi menuturkan, para pemenang ISPO dan Osebi akan didelegasikan sebagai perwakilan Indonesia pada sejumlah kompetisi internasional 2021. Misalnya Olimpiade Infomatrix untuk bidang komputer yang akan diselenggarakan di Rumania, Genius Olympiad bidang sains dan teknologi di New York, Amerika Serikat(AS), HKSSPC untuk bidang sains dan teknologi di Hongkong.

Pada kesempatan sama, Prsiden ISPO ke-13, Riri Fitri Sari mengatakan, melalui ISPO, siswa akan didorong untuk mengembangkan kreativitasnya sehingga memiliki pemikiran kritis, inovatif, dan melahirkan penemuan penemuan baru yang dapat mengatasi permasalahan di masyarakat.

Sementara Presiden Osebi Liliana Muliastuti mengatakan, melalui Osebi generasi muda bangsa diasah kompetensi musikalitasnya, kinestetik-artistik, kreativitas puitis, keunggulan literasi, dan kesadaran akan besarnya budaya bangsa.

Berita terkait: