Doa Tolak Bala

– Bencana , musibah , dan kecelakaan datang silih berganti hingga menyebabkan korban jiwa. Sebagai manusia, kita hanya bisa berusaha mengurangi kemungkinan terjadinya bencana dan musibah, termasuk berdoa . Berikut ini bacaan doa tolak bala yang dapat dibaca umat Islam. 

Setiap manusia selalu ingin memiliki hidup dengan aman, nyaman, tentram dan dijauhkan dari musibah. Namun, manusia tidak akan bisa mengetahui kapan dan dimana musibah akan datang.

Setiap manusia juga tidak dapat menolak musibah yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Sebagai umat Islam, kita harus tawakal sepenuhnya kepada Allah SWT dalam menghadapi cobaan seperti musibah tersebut serta tidak putus untuk senantiasa berdoa untuk memohon keselamatan dan perlindungan.

Doa untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari musibah yaitu doa tolak bala. Doa tolak bala dapat dilakukan setelah melakukan shalat 5 waktu.

Baca Juga: Wilayah Ini Berpotensi Bencana Hidrometeorologi, Cek Daftarnya

Dengan izin Allah SWT, kita sebagai umat Islam dapat terhindari dari segala macam musibah. Berikut merupakan doa tolak bala agar terhindar dari segala musibah.

“Allaahumma inna nasta‘iinuka wa nastaghfiruka, wa nastahdiika wa nu’minu bik wa natawakkalu ‘alaik, wa nutsnii alaikal khaira kullahu nasykuruka wa laa nakfuruk, wa nakhla‘u wa natruku man yafjuruk. Allaahumma iyyaaka na‘budu, wa laka nushallii wa nasjud, wa ilaika nas‘aa wa nahfid, narjuu rahmataka wa nakhsyaa adzaabak, inna adzaabakal jidda bil kuffaari mulhaq. Allahumadfa’ ‘annal balaa a wal wabaa a, wal fakhsyaa a wasyadaaida wal Fitriana wal mihana mas dhoharo wamaa bathon ‘an bilaadina indonesia wa saaairil buldani yaa rabbal ‘alamiin. Washolallahu ‘ala sayyidina muhammdin nabiyyil ummiyi wa ‘ ala aliihi washohbihi wa sallim.”

Artinya: “Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.” Ya Allah hindarkanlah kami dari bencana, bala’, malapetaka, kekejian, kemungkaran, silang sengketa, serta kekejaman dan peperangan, (baik) yang tampak (maupun) yang tersembunyi di negeri kami khususnya dan negeri-negeri kaum muslimin pada umumnya. Sesungguhnya Engkau Maha-kuasa atas segala sesuatu.

Seperti itulah bacaan doa tolak bala agar terhindar dari segala musibah. Semoga Allah SWT selalu memberikan perlindungan untuk kita semua. Amin.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Baca Juga: Waspada Bencana Hidrometeorologi, Berpotensi Banjir Besar

Berita terkait: