ByteDance Umumkan Rencana IPO untuk TikTok Global

ByteDance mengumumkan TikTok Global akan meluncurkan penawaran saham perdana ( initial public offering /IPO). Langkah itu disebut bertujuan untuk meningkatkan transparansi operasi aplikasi video TikTok di Amerika Serikat (AS).

TikTok Global adalah perusahaan baru yang akan diluncurkan agar aplikasi TikTok tetap bisa beroperasi di AS. Presiden AS Donald Trump telah menyetujui kesepakatan pembentukan TikTok Global antara ByteDance dengan perusahaan AS, Oracle dan Walmart.

“TikTok Global juga akan meluncurkan rencana pencatatan untuk lebih meningkatkan struktur tata kelola perusahaan dan transparansi,” sebut pernyataan ByteDance, Senin (21/9).

ByteDance tidak menyebut jumlah uang yang akan dikumpulkan perusahan baru itu. Trump, Sabtu (19/9), mengatakan kesepakatan ByteDance dengan Oracle dan Walmart akan menyelesaikan masalah keamanan data di pihak AS dan mengamankan masa depan operasi aplikasi populer itu.

Trump menuding TikTok telah mengumpulkan data penggunanya untuk dibagikan dengan pemerintah Tiongkok. Pada Agustus, Trump mengeluarkan perintah eksekutif untuk menutup operasi aplikasi itu kecuali menjual operasinya kepada perusahaan lokal AS dalam waktu 90 hari.

ByteDance, perusahaan berbasis di Tiongkok, menyatakan dewan direksi TikTok Global akan termasuk pendiri ByteDance Zhang Yiming serta kepala eksekutif Walmart, Doug McMillon, serta jajaran direktur ByteDance saat ini. Namun, perusahaan itu menolak berkomentar lebih lanjut siapa lagi yang akan menjadi direktur.

Oracle dan Walmart menyebut lewat pernyataan bersama, Sabtu, bahwa empat dari lima dewan direksi adalah warga Amerika. Rencana terbaru untuk TikTok Global tidak melibatkan transfer algoritma atau teknologi apa pun, serta Oracle akan dapat memeriksa kode sumber TikTok AS, sebut ByteDance.

Kebijakan itu mirip dengan perusahaan AS seperti Microsoft yang berbagi kode sumber mereka dengan para pakar teknolgi Tiongkok, sebut ByteDance. Oracle dan Walmart menyatakan seluruh teknologi TikTok akan menjadi milik TikTok Global.

Berita terkait: