Bhinneka.Com dan Omnicom Dorong Korporasi dan UMKM Perkuat Brand

Bhinneka.Com bersama Omnicom Media Group, agensi periklanan multinasional mendorong korporasi dan usaha mikro kecil menengah ( UMKM ) memperkuat brand melalui solusi pariwara dan promosi online . Langkah ini penting agar bisnis dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19 dan ancaman resesi.

“Kolaborasi Bhinneka.Com dan Omnicom Media Group adalah bentuk konkret dari upaya pasar yang terus beradaptasi, termasuk melalui saluran pemasaran alternatif,” kata Chief of Commercial & Omnichannel Bhinneka.Com, Vensia Tjhin dalam keterangan tertulisnya Senin (27/7/2020).

Kerja sama ini pada dasarnya membuka akses pasar e-commerce bagi brand , terutama menyasar segmen korporat (B2B) dan UMKM. Dengan menjembatani korporasi dan pelaku UMKM secara omni channel (O2O), ada nilai tambah yang diperoleh klien Omnicom Media Group yakni mendorong pertumbuhan bisnis, sekaligus meningkatkan pengalaman berbelanja.

Baca juga:  UMKM Akan Beradaptasi di Tengah Pandemi

Omnicom Media Group memperluas akses brand kliennya ke basis data B2B Bhinneka.Com. Mekanismenya, Omnicom Media Group menyusun strategi pemasaran dan periklanan secara komprehensif berdasarkan data Bhinneka.Com. Lalu, brand exposure atau keterpaparan ditingkatkan melalui digital marketing, email marketing, telemarketing, offline event, content marketing , dan sales team Bhinneka.Com.

Vensia Tjhin mengungkapkan sebagai business super ecosystem dengan pengalaman lebih 20 tahun di segmen B2B, Bhinneka.Com akan menghubungkan produk yang sesuai dengan kebutuhan B2B dan UMKM. “Ini didukung dengan strategi omni channel dan algoritma yang canggih,” kata dia.

Menurut dia, langkah ini akan membantu meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan UMKM di Indonesia, dan diharapkan bisa melakukan penjualan dalam volume lebih besar ke pasar korporasi.

Langkah strategis ini juga diharapkan dapat mendukung upaya penyelamatan UMKM dari dampak pandemi. IMF membeberkan hasil studinya, bahwa tanpa bantuan pemerintah, risiko gulung tikar usaha kecil dan menengah meningkat hingga tiga kali lipat, yakni dari hanya 4 persen bisnis yang diperkirakan bangkrut, bisa melonjak hingga 12 persen.

Head of Performance Omnicom Media Group Indonesia, Rohan Mahajan mengatakan, sejak menjalin kerja sama dengan Bhinneka.Com, beberapa klien Omnicom Media Group telah mencatat peningkatan pendapatan.

Chief Investment Officer Omnicom Media Group Asia Pacific Paul Shepherd mengatakan di masa pandemi Covid-19, e-commerce telah menjadi platform promosi tepat, cepat dan paling efektif. Dengan 1,5 juta pelanggan Bhinneka.Com yang terdiri korporasi, institusi pemerintah dan UMKM, Omnicom Media Group yakin dapat mengoptimalkan anggaran iklan dan promosi setiap kliennya dengan efektif.

Berita terkait: