Best 5 Oto: Toyota Fortuner Muncul di Vietnam, Yamaha NMax Recall di Jepang

– Toyota Fortuner , Yamaha NMax , Vietnam , Jepang , Indonesia , rawat head unit mobil , isi bensin , terbakar , dan SPBU , adalah kata kunci dari rekomendasi lima artikel yang ditayangkan kanal otomotif mulai pagi hingga malam tadi.

Peristiwa terbakarnya mobil yang tengah mengisi bahan bakar di sebuah SPBU masuk dalam rekaman CCTV dan diunggah agar masyarakat semakin waspada. Ada tips untuk menghindarkan kejadian ini, dengan tindakan mirip pengumuman di pesawat sebelum terbang. Bagian yang manakah itu?

Masih soal standar safety atau keselamatan, Kementerian Transportasi dan Pariwisata Jepang mengumumkan agar Yamaha Jepang melakukan recall atas produk Yamaha NMax. Bagaimanakah dengan Yamaha Indonesia? Simak pernyataannya di sini.

Kemudian soal produk baru, Toyota Fortuner,  mobil kategori MPV itu baru saja melantai di pasar otomotif Vietnam, sesama anggota negara ASEAN. Lantas bagaimana dengan Indonesia, sebagai negara terbesar dalam kelompok persatuan bangsa-bangsa Asia Tenggara ini?

Dan tak ketinggalan, ada tips rawat Head Unit mobil. Meski zaman semakin now, menjaga resiknya otak pengendali unsur In-Car-Entertainment alias ICE di kabin ini perlu diperhatikan.

Langsung saja nikmati rekomendasi kanal otomotif di tautan berikut ini, selamat membaca dan terus jaga kesehatan, dengan mengenakan masker setiap kali ke luar rumah, dan bersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

1. Penting: Hindarkan Mobil Terbakar, Ini Tips Isi Bensin di SPBU

“] Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU 31-164-01, Margonda, Depok, Jawa Barat. Sebagai ilustrasi SPBU [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Sebuah video menegangkan dibagikan pemilik akun Twitter @giewahyudi, Senin (14/9/2020). Berisi rekaman CCTV tentang mobil minibus hitam tengah mengisi bahan bakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Saat pengemudi membuka pintu dan keluar dari mobilnya, muncul percikan api. Pengemudi langsung melarikan mobil menjauhi pompa, dan petugas mengambil pemadam api. Kekinian, video telah ditonton hingga 300 ribu lebih pengguna Twitter. Sebuah pelajaran berharga, tentang upaya menghindarkan amuk api sampai kemungkinan mobil meledak.

Director Training Safety Defensive Consultant ( SDCI), Sony Susmana mengungkapkan kelalaian menjadi faktor utama kejadian terbakarnya mobil di SPBU.

Baca selengkapnya

2. Yamaha Jepang Tarik Peredaran NMax, Ada Apakah Gerangan?

Yamaha NMAX di Jepang (Greatbiker)Yamaha NMAX di Jepang (Greatbiker)

Yamaha mengumumkan penarikan kembali atau recall 78.230 unit sepeda motor di Jepang termasuk skuter matik atau skutik bongsor Yamaha NMax. Persoalannya adalah ditemukan masalah komponen reflektor belakang motor.

Melansir Response JP , Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang menyatakan bahwa unit yang dipasarkan tidak memenuhi standar keselamatan. Adapun produk yang terdampak adalah mode yang diproduksi sepanjang 6 Oktober 2014 – 1 April 2019.

Baca selengkapnya

3. Yamaha Tegaskan Tidak Ada Recall NMax Untuk Indonesia

“] Yamaha NMax produksi 2018 [Suara.com/Dythia Novianty]

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menegaskan tidak ada penarikan kembali atau recall untuk Yamaha NMax atau model lainnya karena masalah reflektor.

Menurut Public Relation Manager PT YIMM, Antonius Widiantoro, model yang ada di Indonesia sudah sesuai regulasi.

Baca selengkapnya

4. Enam Langkah Rawat Head Unit Mobil, Nomor 5 dan 6 Sering Terlewat

.”] Dashboard dan kemudi MINI Cabrio, perhatikan head unit pengendali ICE dalam mobil [Suara.com/CNR ukirsari].

Head unit adalah bagian dari In-Car-Entertainment (ICE) yang membuat suasana kabin makin hidup dan seru. Segala tayangan audio video, sampai integrasi bersama peranti komunikasi penggunanya seperti smartphone dan tablet bisa diintegrasikan lewat otak pengendali ini. Seluruh command atau perintah terkait hiburan dalam mobil seperti speaker, power amplifier, dan subwoofer juga sudah pasti diurusnya.

Otak pengendali merupakan sistem primer dalam sistem audio mobil dan bisa berdimensi single atau double DIN. Bersamanya, kualitas suara sistem audio bisa ditingkatkan.

Baca selengkapnya

5. Toyota Fortuner Siap Mengaspal di Vietnam, Bagaimanakah di Indonesia?

.”] Toyota Fortuner [PT Toyota Astra Motor].

Setelah resmi mengaspal di Thailand, Toyota Fortuner teranyar kini siap mengaspal untuk pasar otomotif Vietnam. Salah satu negara tetangga sesama anggota ASEAN (Association of the South East Asia Countries).

Melansir Autopro , Toyota Fortuner facelift Vietnam memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari versi Negeri Gajah Putih. Di Thailand, mobil ini hadir dengan perpaduan dua warna. Sementara untuk model Vietnam hanya menawarkan balutan satu warna.

Baca selengkapnya