Bentrok Antar Geng di Penjara Ekuador, 62 Orang Tewas dan Puluhan Terluka

Sedikitnya 62 orang tewas dan puluhan lebih terluka dalam tiga kerusuhan terpisah di penjara di Ekuador. Demikian disampaikan pihak berwenang pada Selasa.

Para pejabat menyalahkan kerusuhan di tiga lapas di kota Guayaquil, Cuenca, dan Latacunga karena bentrokan antar geng yang saling bersaing. Media lokal melaporkan para tahanan tewas dalam serangan pistol dan senjata tajam.

“Ada dua kelompok yang bersaing siapa yang menjadi pemimpin kriminal di dalam lapas-lapas tersebut,” jelas Direktur Lapas Ekuador, Edmundo Moncayo, dikutip dari Al Jazeera, Rabu (24/2).

Moncayo mengatakan sedikitnya 62 kematian telah dilaporkan sejauh ini.

Dia menambahkan, pihak berwenang berhasil mengendalikan dan menangani persoalan dalam lapas-lapas tersebut dengan bantuan 800 anggota polisi tambahan.

Sebelumnya pada Selasa, Komjen Polisi Patricio Carrillo mengatakan di Twitter, kerusuhan melibatkan tahanan dengan pengamanan tinggi.

“Semua penjara saat ini telah diberlakukan pembatasan dan pengendalian,” tulis Carillo.

Kerusuhan dilaporkan terjadi pada Senin malam setelah para tahanan menawan para penjaga penjara. Media lokal melaporkan, beberapa ambulans terlihat keluar dari dalam penjara.

Saat kerusuhan diberitakan, puluhan keluarga para tahanan berkumpul di luar lapas untuk mendapatkan informasi terkait apa yang sedang terjadi.

Foto maupun video beredar di media sosial menunjukkan para tahanan berkumpul di atap lapas dengan petugas polisi di atas sepeda motor dan mobil patroli berkeliling di sekitar fasilitas tersebut.

Presiden Ekuador, Lenin Moreno mengatakan di Twitter, para geng telah melakukan berbagai tindak kekerasan di sejumlah lapas di negara tersebut.

Dia mengatakan polisi, sedang berkoordinasi dengan Menteri Pemerintahan Patricio Pazmino Castillo, bagaimana mengendalikan situasi di dalam lapas-lapas tersebut.

Pemerintah mengatakan beberapa anggota polisi terluka, namun tanpa memberi informasi lebih jauh. Para petugas lapas berusaha menyelamatkan diri selama kerusuhan.

Kerusuhan penjara dan bentrokan antar geng yang bersaing sering terjadi di Ekuador. Lima tahanan tewas dalam bentrokan di dalam penjara di Latacunga pada Desember 2020.

Berita terkait: