Bawaslu Gandeng Polisi untuk Cegah Kerumunan Massa saat Kampanye Pilkada

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) berkerjasama dengan ke polisi an untuk membubarkan massa pada masa kampanye Pilkada 2020. Anggota Bawaslu, Rahmat Bagja mengatakan, penumpukan massa harus dihindari pada masa Pilkada di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Yang patut kita hindari adalah penumpukan massa, bukan di kantor KPU nya, tapi di halaman KPU nya, karena yang bersangkutan (paslon) akan mengumpulkan massa, biasanya adalah pada saat nanti pengundian nomor urut,” kata dia dalam diskusi ‘perlindungan hak atas kesehatan dalan tahapan Pilkada di masa pandemi’, Kamis (17/9).

Pembubaran massa akan dilakukan di titik titik pengumpulan sebelum menuju ke KPU. Pola pembubarannya sama seperti membubarkan unjuk rasa.

“Kami sudah berbicara dengan kepolisian, maka polanya akan mengikuti pola dari pola pembubaran unjuk rasa, jadi tidak pada saat titik pengumpulan terbesar, tapi di titik titik pengumpulan di beberapa daerah yang akan masuk menuju tempat utama tersebut,” tutur Bagja.

Bawaslu sudah menggelar rapat bersama kepolisian tentang hal ini. Bagja menyebut, pembubaran bisa dilakukan atas usul Bawaslu maupun temuan kepolisian.

Bawaslu pun menyayangkan pihak KPU tidak hadir dalam rapat tersebut. Padahal, KPU bisa membuat aturan untuk menindak pasangan calon yang mengumpulkan massa.

“Itu kami tadi sudah pahamkan bersama antara Bawaslu dan polisi, yang sangat disayangkan KPU tidak hadir dalam rapat ini, ini patut disayangkan juga karena ini bisa masuk dalam PKPU untuk menindak para pasangan calon,” pungkasnya. [ray]

Baca juga:
Gubernur Sumut Dukung Konser saat Pilkada Dilarang: Kampanye Pakai Doa Saja
Protes Konser Musik Diperbolehkan Saat Kampanye, Kemendagri Minta Aturan KPU Direvisi
Polemik Konser Kampanye Pilkada Serentak 2020 di Tengah Wabah
Perludem Sebut KPU Bisa Atur Larangan Konser Musik saat Kampanye Pilkada
DPR Minta KPU, Paslon & Parpol Buat Kesepakatan Utamakan Kesehatan daripada Konser

Baca Selanjutnya: Bawaslu sudah menggelar rapat bersama…

Halaman

  • 1
  • 2