Bantu Pelayanan Warga, Pemkot Semarang Pesan Sebemot dan Sebevimot Robot Karya Undip

– Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang memesan robot karya Universitas Diponegoro (Undip) untuk mendukung pelayanan prima Pemkot Semarang.

Dua robot yang dipesan itu, yakni Sebemot singkatan dari Semarang Best Mayor Robot untuk ‘’robot pria’’ dan Sebevimot singkatan dari Semarang Vice Mayor Robot untuk ‘’robot wanita’’.

‘’Kami berharap sinergi Undip dan Pemkot Semarang akan banyak memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dan utamanya mempercepat penanganan Covid 19 di kota Semarang,’’ tutur Rektor Undip Prof Yos Johan Utama, pada acara Penandatangan Komitmen Bersama antara Pemkot Semarang dengan Undip tentang Dukungan Penelitian dan Pengembangan Teknologi dalam rangka Penanganan Pandemi Covid 19 di Kota Semarang, pada Rabu(16/9/2020).

Rencananya robot yang akan digunakan untuk membantu pelayanan akan ditempatkan di lobi balaikota dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) kota Semarang. Robot dengan dipermanis penampilannya seperti Denok dan Kenang ini diharapkan mampu mendukung pelayanan prima Pemkot Semarang dan membantu percepatan penanganan pandemi covid 19 dengan menghindari kontak langsung.

BACA JUGA

OTSAW Kembangkan Robot Disinfeksi Pemusnah Virus Corona

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, awal mula kerja sama bermula dari ketertarikan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat menyaksikan robot itu saat wisuda Undip ke-159 beberapa waktu lalu. Robot menggantikan kehadiran wisudawan karena pandemi.

Adapun hasil inovasi Universitas Diponegoro, yakni Robot Medis, berfungsi untuk mengurangi kontak antara tenaga medis dengan pasien Covid-19. Robot Wisuda yang digunakan saat wisuda online untuk menggantikan kehadiran fisik wisudawan wisudawati, sebagai bagian dari upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Selain itu, alat penjernih udara Zeta Green yang mampu membunuh virus, bakteri dan jamur serta mampu menghambat penyebaran penyakit, membantu kesembuhan penyakit akibat virus, bakteri maupun jamur.

Robot medis dan robot wisudawan ini merupakan inovasi dari Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi CBIOM3S Universitas Diponegoro. Sedangkan Zeta Green merupakan produk dari Teaching Industry Universitas Diponegoro dan Dipo Technology.

Undip akan menerima dana hibah penelitian dari Pemerintah Kota Semarang. Tujuan penelitian lanjutan ini untuk lebih menyempurnakan fungsi robot-robot tersebut sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA

Pentingnya Bangun Manpower Planning

Menurut Yos Johan Utama, sebagai universitas riset, Undip terus berupaya untuk mendedikasikan ilmu dan hasil penelitian untuk kemanfaatan rakyat. Terlebih kondisi saat ini, dimana pandemi Covid-19 belum menunjukkan adanya penurunan dan tanda-tanda akan usai.

Segala upaya telah dilakukan untuk mencegah penyebaran virus ini. Pemerintah beserta dengan seluruh lembaga dan lapisan masyarakat telah berupaya keras untuk memutus rantai penyebaran virus ini.

Sebagai universitas terbaik dan terbesar di Jawa Tengah, Undip turut berperan dalam membantu pemerintah daerah dan kota Semarang untuk menangani pandemi saat ini.