Anggota DPR Soroti Munculnya Klaster Perkantoran

Menanggapi munculnya klaster perkantoran, anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengingatkan seluruh pegawai perkantoran maupun perusahaan untuk patuh terhadap protokol kesehatan guna memutus mata rantai virus corona .

Rahmad menyatakan, pegawai perkantoran seharusnya memahami pentingnya protokol kesehatan. 

“Saya mengatakan kenyataan ini sangat ironis. Mengapa? Karena orang-orang yang berada di kantor kan umumnya berpendidikan. Nah, semestinya mereka sudah paham bagaimana seharusnya menyikapi ancaman Covid-19 ini. Tapi kan kenyataannya, banyak perkantoran yang kini menjadi klaster baru, khususnya di Jakarta,” kata Rahmad dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/7/2020).

Anies Sebut 66% Kasus Baru Covid-19 di Jakarta dari OTG

Rahmad menegaskan, maraknya penyebaran Covid-19 di perkantoran merupakan keprihatinan bersama. Semua pihak baik perusahaan maupun karyawan harus bersama-sama meningkatkan kewasapadaan.

Ia menambahkan, berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI Jakarta, 66 persen dari jumlah orang positif Covid-19 di Jakarta adalah orang tanpa gejala (OTG).

“Jangan salah, justru hal sepele, seperti membuka masker saat rapat, hal seperti ini berpotensi menjadi penyebaran virus corona dari OTG. Akhirnya, perusahaan jadi klaster baru,” kata Rahmad.

Baca juga:  WHO: Covid-19 Bisa Menular Lewat Partikel di Udara

Rahmad pun mengingatkan pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai penularan Covid-19 melalui partikel di udara ( airborne ). Untuk itu, sirkulasi di udara juga harus diperhatikan.

“Saya juga mendukung makan bersama di kantor, semisal seusai rapat, ditiadakan saja. Karena saat makan bersama itu, semuanya kan membuka masker. Kondisi seperti itu sangat berpotensi penyebaran virus,” kata Rahmad.

Berita terkait: