Alasan Pentingnya Vaksinasi di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Pemerintah sudah mulai menerapkan kebijakan baru yang disebut dengan adaptasi kebiasaan baru atau new normal di masa pandemi Covid-19 . Aktivitas publik kembali dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Terkait dengan era daptasi kebiasaan baru, banyak orang tua yang merasa khawatir jika anak-anak mereka dapat tertular virus corona saat sedang di luar rumah, khususnya di sekolah.

Selain menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan memakai masker, strategi terbaik orang tua untuk melindungi anak-anak dari penularan Covid-19 ini adalah dengan meningkatkan imunitas.

Dokter spesialis kejiwaan Siloam Hospitals , dr Cherry Chaterina Silitonga SpKJ mengatakan, beradaptasi dengan perubahan merupakan kemampuan dasar setiap manusia. Namun, kemampuan tersebut berbeda-beda setiap individu. Sayangnya, berbagai perubahan yang harus dilakukan oleh setiap orang di masa pandemi ini merupakan perubahan yang berlangsung serentak dan dalam waktu yang cepat.

“Ada yang bisa beradaptasi dengan cepat. Namun, terkadang ada orang yang belum tentu bisa mengikutinya. Inilah yang dimaksud dengan fleksibel karena masing-masing orang beradaptasi dengan cara dirinya sendiri,” ungkap dr Cherry di sela Intagram Live Health Talk Siloam Hospitals, Rabu (15/7/2020).

Meningkatkan imunitas dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah vaksinasi. Hal ini disampaikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia agar orangtua segera membawa anaknya untuk mendapatkan vaksinasi, terutama vaksin rutin dan juga vaksin-vaksin untuk perlindungan saluran nafas atas seperti vaksin flu dan vaksin pneumonia.

Hal serupa disampaikan oleh Satgas Imunisasi Dewasa bahwa pemberian vaksinasi untuk saluran nafas memberikan perlindungan secara tidak langsung terhadap infeksi Covid-19.

Dokter spesialis penyakit dalam RS Siloam Hospitals, dr Ida Melani Santoso SpPD Finasim menjelaskan, vaksinasi sangatlah penting dilakukan dalam membantu meningkatkan imun atau kekebalan tubuh dan terbukti kualitas dan harapan hidup juga meningkat apabila pasien terpapar virus corona .

“Sebenarnya, apabila pelaksaan vaksinasi pada orang dewasa dilakukan secara teratur dan merata, sangat bisa mencegah resiko kematian 100 kali lebih tinggi dibandingkan vaksinasi pada anak. Dengan demikian, vaksinasi dewasa sama pentingnya dengan anak-anak,” ungkap dr Ida.

Pemberian vaksin influenza bisa melindungi seseorang dari virus influenza. Hal ini juga bermanfaat untuk menghindari kerancuan gejala yang mirip dengan Covid-19.

Pasalnya, gejala yang muncul pada penderita Covid-19 seringkali serupa dengan gejala flu biasa seperti demam, batuk kering, hingga kelelahan. Padahal, dengan melakukan vaksinasi flu maka bisa lebih pintar mendeteksi gejala-gejala yang memang merujuk pada Covid-19.

Dengan berbagai kondisi diatas, banyak ahli yang merekomendasikan vaksin flu sebagai bagian dari usaha pencegahan penyebaran virus Covid-19. Walaupun vaksinasi tidak secara langsung mencegah infeksi Covid-19, tetapi dapat membantu ciptakan daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Jika seseorang terkena flu, maka daya tahan tubuhnya akan menurun dan ini akan menjadi pintu masuk yang lebih mudah bagi virus Covid-19 untuk menginfeksi seseorang. Oleh karena itu, dengan vaksinasi flu sudah mengurangi kemungkinan tertular virus Covid-19.