6 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Mudah, dari Toilet Duduk hingga Jongkok

Ada berbagai cara mengatasi WC mampet yang bisa dilakukan. Baik itu pada toilet duduk maupun jongkok. WC atau water closet mampet memang cukup menjadi masalah besar bagi penggunanya. Masalah itu juga mampu meresahkan pemilik rumah. WC mampet bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan yang paling sering ditemukan yakni kebiasaan membuang sampah ke dalam WC.

Masalah ini pun tak hanya dirasakan oleh satu atau dua keluarga saja. Ada begitu banyak keluarga yang mengalami masalah serupa di rumahnya. Tak heran, banyak dari masyarakat yang mencari-cari informasi terkait cara mengatasi WC mampet .

Lantas apa saja caranya? Bisa digunakan di toilet duduk dan jongkok? Melansir dari berbagai sumber, Rabu (21/10/2020), simak ulasan informasinya berikut ini.

Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Cara mengatasi WC mampet yang pertama adalah dengan menggunakan air panas dan sabun cuci piring. Tak perlu khawatir, cara melakukannya cukup mudah untuk dilakukan. Kalian hanya perlu menyiapkan satu cangkir sabun cuci piring, air panas yang cukup banyak serta handuk.

Letakkan handuk di lantai sekitar WC. Tujuannya agar bisa melindungi tumpahan air yang keluar dari WC. Masukkan sabun cuci piring ke dalam WC dan diamkan hingga mengendap. Hal ini bertujuan untuk melicinkan pipa saluran WC agar benda yang menyumbat bisa mengalir dengan mudah ke septic tank.

Tuangkan air panas sebanyak mungkin ke dalam WC. Akan tetapi, jangan sampai air meluber ke luar dari WC ya. Diamkan kembali selama 20 menit, kemudian siram dengan air biasa. Cara ini bisa dilakukan baik di toilet duduk maupun jongkok. Meski begitu jika cara ini gagal, kalian bisa melakukan cara lainnya.

ilustrasi toilet jongkok

©iStock

Baking Soda dan Cuka

Cara mengatasi WC mampet yang kedua yakni dengan menggunakan bantuan bahan makanan baking soda dan cuka. Tahukah kalian, baking soda dan cuka adalah dua jenis bahan dapur yang dipercaya mampu mengatasi beragam masalah yang ada di rumah. Baik itu membersihkan kotoran membandel ataupun WC mampet.

Cara melakukannya pun juga cukup mudah. Kalian hanya perlu menaburkan satu cangkir baking soda ke permukaan air WC. Diamkan hingga baking soda mengendap. Tuangkan dua cangkir cuka ke dalam WC dengan gerakan memutar. Hal ini dilakukan agar cuka bisa menyebar secara rata.

Nantinya hal itu akan menghasilkan gelembung-gelembung akibat reaksi kedua bahan makanan tersebut. Tidak perlu khawatir, hanya saja pastikan gelembung-gelembung itu jangan sampai keluar dari WC. Diamkan kembali selama satu jam, kemudian siram dengan air biasa.

Jika masih mampet, kalian bisa menambahkan lebih banyak lagi baking soda ke dalam WC. Setelahnya, diamkan semalaman untuk hasil terbaik. Keesokan harinya, kalian akan mendapati WC sudah tidak mampet lagi. Cara ini bisa dilakukan baik di toilet duduk maupun jongkok.

Gantungan Baju Kawat

Menggunakan gantungan baju kawat juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi WC mampet. Perlu diingat, penggunaan gantungan baju kawat dilakukan jika penyebab WC mampet tak terlalu jauh dari jangkauan. Seperti lainnya, cara melakukannya pun cukup mudah.

Langkah pertama, potong gantungan baju hingga menjadi lurus. Bungkus ujung kawat yang tajam dengan kain , bisa itu kain bekas atau kain baru. Kemudian, selotip bagian tersebut agar menyatu dan tidak membuat WC menjadi rusak.

Masukkan ujung lancip gantungan baju berlapis kain ke dalam WC. Dorong yang menjadi penyebab sumbatan secara perlahan hingga aliran air bisa masuk ke septic tank. Setelahnya, bilas dengan air bersih sekaligus mengecek apakah WC masih mampet atau tidak. Cara ini bisa dilakukan baik di WC jongkok maupun duduk.

ilustrasi toilet

©©2012 Shutterstock/STILLFX

Plastik Makanan

Cara mengatasi WC mampet selanjutnya adalah dengan menggunakan plastik makanan. Plastik yang dimaksud adalah plastik wrap yang sering digunakan sebagai pembungkus makanan, buah potong serta sayuran di supermarket. Cara menggunakannya juga tak kalah mudah dengan lainnya.

Kalian hanya perlu menyiapkan plastik wrap. Cobalah untuk menutup dudukan dengan plastik wrap pada toilet duduk. Pastikan plastik warp benar-benar menempel dengan sempurna. Setelahnya, kalian bisa menekan tombol flush pada WC duduk.

Plastik wrap ini nantinya akan mengembang dan tekan tombol flush secara berulang. Tujuan penggunaan plastik wrap untuk menekan balik udara yang ada dalam WC. Sehingga, udara tersebut dapat mendorong benda yang menjadi penyebab WC tersumbat. Dikatakan sebelumnya, cara ini hanya bisa digunakan pada toilet duduk. Namun jika penasaran, kalian bisa mencoba melakukannya di WC jongkok.

Botol Bekas

Cara mengatasi WC mampet berikutnya yakni dengan menggunakan botol bekas. Pastikan botol yang digunakan sudah tidak terpakai lagi ya. Sebab botol tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam lubang WC. Cara melakukannya juga cukup mudah.

Siapkan botol plastik yang benar-benar sudah tak terpakai lagi. Potong sekitar 10 cm di bagian dekat dengan mulut botol. Kemudian, masukkan ujung botol yang telah dipotong ke dalam lubang WC.

Cobalah untuk menekan-tekan lubang toilet agar penyebab WC tersumbat bisa terdorong masuk ke septic tank. Jangan lupa untuk menyiramnya juga dengan air biasa agar bisa mengetahui apakah WC sudah tidak mampet lagi atau sebaliknya. Lakukan secara berulang hingga WC benar-benar berfungsi kembali dengan semestinya.

toilet

©2020

Penyedot WC

Apabila tidak segera berhasil, kalian bisa menggunakan cara mengatasi WC mampet berikut ini. Gunakan alat penyedot WC yang banyak dijual di pasaran. Ini bisa dijadikan pilihan terakhir jika cara-cara di atas tidak ada satu pun yang berhasil.

Penyedot khusus WC atau pluger memang dirancang untuk membantu mengatasi masalah pada toilet. Alat ini dirancang khusus untuk menyedot WC yang tersumbat. Cara melakukannya pun cukup mudah seperti mendapatkannya. Kalian hanya perlu memasang pluger ke lubang WC, kemudian tarik alat tersebut.

Berita terkait: