5 Tanaman Pembersih Udara, Letakkan di Dalam Ruangan Agar Terasa Sejuk

Menempatkan tumbuhan di dalam ruangan memang bisa menjadikan ruangan terlihat lebih asri. Karena itulah tanaman di dalam pot untuk dekorasi semakin digemari.

Penempatan tanaman hias di dalam rumah juga bisa membantu menjadikan udara lebih sejuk. Terutama jika tanaman tersebut memiliki kualitas untuk membersihkan udara.

Jika Anda ingin ruangan lebih sejuk, tempatkan 5 jenis tanaman yang direkomendasikan Her.ie berikut di sudut. Kualitas udara jadi lebih baik. Akibatnya tidur pun jadi lebih nyenyak.

Lidah Buaya

letakkan 5 tanaman ini di dalam kamar agar tidur lebih nyenyak

Khasiat aloe vera atau lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan memang sudah tak diragukan lagi. Tetapi tanaman ini juga bermanfaat untuk membersihkan udara. Letakkan lidah buaya di kamar tidur. Tanaman ini akan menyerap partikel dari cat dan cairan pembersih ruangan dengan baik.

Daun Ivy

letakkan 5 tanaman ini di dalam kamar agar tidur lebih nyenyak

Tanaman dengan nama ilmiah Hedera helix ini juga dikenal dengan nama english ivy dan daun ivy. Sebenarnya spesies ini lebih umum ditanam di luar ruangan. Tetapi daun ivy juga baik untuk membersihkan udara di dalam ruangan.

Menurut Allergy and Air, daun ivy sangat baik untuk menyerap jamur di udara. Hal ini dibuktikan lewat penelitian di mana daun ivy mampu menyerap sebagian besar jamur di udara ketika ditempatkan di dalam wadah yang sama dengan roti berjamur.

Daun ivy menyukai cahaya yang terang dan tanah yang sedikit kering, jadi letakkan di tempat yang mendapatkan siraman cahaya matahari.

Lidah Mertua

letakkan 5 tanaman ini di dalam kamar agar tidur lebih nyenyak

Snake plant atau dikenal juga dengan nama lidah mertua di Indonesia mampu menyerap karbon dioksida dan mengolahnya menjadi oksigen. Karena itulah tanaman ini sangat ideal untuk ditempatkan di dalam kamar.

Dilansir Lifehacker, lidah mertua juga berfungsi untuk menghilangkan xylene, toluene, dan trichlorethylene dari udara di rumah.

Karet Kebo

letakkan 5 tanaman ini di dalam kamar agar tidur lebih nyenyak

Spesies tumbuhan ini dikenal dengan nama rubber plant di luar negeri. Namun di Indonesia sendiri biasa disebut karet kebo. Tanaman ini tergolong mudah diurus, jadi perawatannya tidak akan merepotkan.

Daunnya yang lebar mampu menyerap lebih banyak partikel dari udara, kemudian diubah menjadi nutrisi untuk tanaman atau tanah. Kualitas udara di dalam kamar pun jadi lebih baik.

Ara Biola

letakkan 5 tanaman ini di dalam kamar agar tidur lebih nyenyak

Fiddle leaf fig yang juga dikenal dengan nama ara biola memiliki daun lebar yang efisien untuk memurnikan udara. Tanaman ini sangat disukai untuk penggunaan di dalam rumah dan di kantor.

Manfaat lain dari ara biola adalah membantu mengontrol kelembapan. Sirami daun ara biola seminggu sekali agar daunnya senantiasa subur.

Itulah jenis-jenis tanaman yang bisa membuat tidur lebih berkualitas jika diletakkan di dalam ruangan.

Berita terkait: