5 Cara Mencegah Munculnya Keinginan untuk Kembali Merokok

Usai berhenti merokok, mungkin terjadi masalah yang bisa membuatmu kesulitan untuk menghindarinya. Hal ini bisa membuatmu yang tengah berusaha berhenti dari kebiasaan buruk tersebut malah kembali lagi melakukannya.

Merokok sendiri merupakan kebiasaan buruk yang tidak hanya merusak diri sendiri namun juga orang lain di sekitar. Merokok juga bisa membuatmu mengalami berbagai penyakit yang berat dan berbahaya.

Merokok bisa menyebabkan masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung dan kanker. Selain itu juga bisa menyebabkan disfungsi ereksi pada pria dan kesulitan hamil pada wanita.

Mengingat bahayanya dampak dari merokok ini, oleh karena itu penting untuk benar-benar berhenti total ketika kamu telah meninggalkan rokok. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan agar tidak kembali merokok.

Banyak Beraktivitas

Duduk diam bisa meningkatkan keinginanmu untuk kembali merokok. Ketika kamu mengalami hal ini, lakukan aktivitas seperti berjalan di luar selama lima menit dan ambil napas dalam-dalam.

Beraktivitas bisa membuatmu memperoleh lebih banyak udara yang keluar masuk di dalam paru-paru. Meningkatnya aliran udara ini bisa menurunkan keinginan merokok yang muncul pada dirimu.

Minum Air Putih

putih rev1

Kurang minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa memicu rasa cemas dan bisa membuatmu berpaling kembali untuk merokok. Minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantumu untuk terhindar dari keinginan merokok.

Konsumsi Kudapan Sehat

Keinginan merokok bisa muncul lebih kuat ketika gula darah turun. Hal ini bisa terjadi karena keinginan mengonsumsi gula sering disalahpahami sebagai keinginan untuk merokok. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya kamu mulai mengonsumsi sejumlah cemilan sehat seperti buah atau yogurt.

Mengunyah Sesuatu

5 cara mencegah munculnya keinginan untuk kembali merokok

Mengunyah atau mengulum permen dapat membuat mulut tetap sibuk sehingga kamu melupakan keinginanmu untuk merokok. Sebagai pilihan sehat, kamu bisa mengonsumsi permen bebas gula atau juga ngemil makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, atau kuaci.

Terapi Pengganti Nikotin

Jika keinginanmu untuk merokok tak kunjung hilang, maka sebaiknya segara berkonsultasi dengan dokter. Kamu bisa melakukan terapi pengganti nikotin seperti menggunakan permen karet, pelega tenggorokan, atau inhaler yang bisa menghilangkan keinginanmu untuk merokok.

Berbagai cara itu bisa kamu lakukan untuk menghentikan keinginan kembali merokok. Berhenti merokok merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah sejumlah masalah kesehatan muncul pada dirimu.

Baca juga:
Perhatikan Keseimbangan Nutrisi Anak demi Pertumbuhan dan Daya Tahan
Dokter Sarankan Lansia Mulai Lakukan Olahraga Beban Mulai dari yang Ringan
Penyebab Mengapa Bayi Tersedak ketika Disusui dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Berita terkait: