4 Meja Disediakan untuk Vaksinasi Pertama di Istana Merdeka

Pemerintah mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan vaksin buatan Sinovac dari Tiongkok hari ini, Rabu (13/1/2021) di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Ini merupakan hari pertama pelaksanaan vaksinasi.

Orang pertama yang akan disuntik vaksin adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rencananya vaksinasi dilakukan pukul 09.30 WIB.

Berdasarkan pantauan saat ini Istana Merdeka sudah mulai ramai dengan orang-orang yang akan disuntik vaksin Covid-19 bersama Presiden Jokowi. Seperti artis papan atas Indonesia Raffi Ahmad juga terlihat tiba di Istana Merdeka. Raffi yang mengenakan kemeja batik, faceshield dan masker tampak sedang merekam video percakapan dengan beberapa pejabat negara yang telah hadir.

Bagaimana suasana di Istana Merdeka menjelang vaksinasi? Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, saat ini sudah disediakan empat meja untuk empat tahapan proses penyuntikan vaksin.

“Tahapan normal saja. Ada beberapa meja yang disiapkan,” kata Heru Budi Hartono.

BACA JUGA

Hari Ini Pemerintah Mulai Program Vaksinasi Covid-19 Gratis

Dijelaskan, meja pertama untuk klarifikasi data. Lalu meja kedua untuk melakukan pengecekan tensi darah dan klarifikasi riwayat kesehatan.

“Meja tiga, untuk penyuntikan oleh dokter kepresidenan. Dan meja empat, nanti orang yang sudah disuntik akan diberikan karti tanda suntik pertama telah dilakukan,” terang Heru Budi Hartono.

Heru mengungkapkan, Jokowi akan divaksin bersama dengan berbagai lapisan masyarakat. Kelompok yang akan divaksin bersama Jokowi kata Heru yakni perawat, perwakilan tokoh agama, masyarakat, dan pedagang.

“Pak Presiden saja dengan berbagai lapisan unsur masyarakat ada perawat, ada perwakilan tokoh agama ada perwakilan pengusaha dan tentu masyarakat pedagang,” jelas Heru Budi Hartono.

Penyuntikan vaksinasi kepada para menteri dijadwalkan hari lain. Nantinya para menteri akan disuntik vaksin bersama pejabat eselon di kementerian masing-masing.

“Para menteri di hari lain sedang dipersiapkan oleh Kementerian Kesehatan. Karena menteri-menteri akan bersama eselon satunya masing-masing dan ada jadwalnya, namun secepatnya,” ujar Heru Budi Hartono.

Sebelumnya, Heru mengatakan masyarakat bisa menyaksikan proses penyuntikan vaksin kepada Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden. “Nanti ada live streaming,” tutur Heru Budi Hartono.

Berita terkait: