Published On: Sen, Apr 16th, 2018

Perlu Diatur Penggunaan Gadget di Keluarga

Share This
Tags
ilustrasi (foto:Ist)

ilustrasi (foto:Ist)

IJN.CO.ID – Dalam banyak penelitian terdapat kesimpulan bahwa penggunaan gawai atau gadget dapat menimbulkan pengaruh terhadap perilaku manusia sehari-hari, baik secara individu maupun dalam berkelompok, termasuk di tengah keluarga.

Psikolog Tanti Diniyanti meyakini penggunaan gadget saat sedang bersama keluarga secara berlebihan, selain akan berdampak negatif terhadap hubungan dengan pasangan, juga akan memengaruhi anak. “Anak akan merasa diabaikan, tidak diperhatikan atau disisihkan oleh orang tuanya,” ujar dia.

Penggunaan gawai saat sedang bersama keluarga secara berlebihan oleh orang tua juga dapat mengakibatkan anak akan merasa kesepian, merasa sendiri dan berpotensi akan lebih mementingkan urusannya sendiri.

Dalam kondisi ini, jarak relasi antara anak dengan orang tua akan melebar sehingga mereka tidak dapat merasakan kehangatan dan kebersamaaan di dalam keluarga.

“Anak juga berpotensi mencari ulah untuk mendapatkan perhatian dari orang tuanya, dan bisa juga pergi tanpa diketahui oleh orang tua yang lebih sibuk dengan gawainya.”

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu ada kesepakatan di dalam keluarga untuk tidak memegang gadget ketika sedang bersama, seperti saat makan bareng, baik di rumah maupun di tempat lain, seperti restoran.

Setiap anggota keluarga juga perlu membuat kesepakatan bersama untuk mematikan gadget pada jam-jam tertentu, misalnya pada pukul 18.00 – 21.00 WIB, atau saat jam belajar bagi anak dan orang tua tidak lagi mengurus pekerjaannya.

“Perlu juga ada kesepakatan-kesepakatan lain, seperti bila sedang pegang gadget dan ada anggota keluarga mau bertanya atau mengajak berbicara, maka gadget harus disimpan dan perhatian hanya fokus kepada siapa yang bertanya.”

Menyimpan gawai saat sedang dalam pembicaraan dengan anggota keluarga itu penting untuk lebih memahami topik pembicaraan, menghargai dan menghindari ketersinggungan dari anggota keluarga lain yang sedang berbicara.

Setiap anggota keluarga juga perlu meminta izin untuk menjawab panggilan telepon bila sedang bersama keluarga. “Juga, jangan membawa gadget ke kamar mandi,” anjurnya seperti dikutip dari laman Kabar24. (IJN)