Wagub Dorong Pembangunan Hunian Layak dan Terjangkau Warga Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta , Ahmad Riza Patria (Ariza) menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) I DPD Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) DKI Jakarta di Hotel Pullman, Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu (17/10).

Pada kegiatan tersebut, Riza Patria mendukung Himperra dalam mewujudkan hunian yang layak dan terjangkau bagi warga Jakarta. Dia juga berharap pelaksanaan program kerja organisasi tahun sebelumnya segera dievaluasi.

“Kami mendorong agar hunian layak dan terjangkau dapat dibangun pada lahan yang menjadi aset Pemprov DKI Jakarta, maupun di atas tanah negara yang belum dioptimalkan pemanfaatannya,” ujar Riza dikutip dari akun instagramnya @bangariza, Minggu (18/10).

Riza Patria mengakui bahwa terbatasnya ketersediaan hunian, serta mahalnya harga lahan karena penyediaan hunian yang layak dan terjangkau bagi masyarakat memang sedikit.

Selain itu, dia melihat masih banyak kualitas lingkungan permukiman yang kurang sehat dan tidak tertata dengan baik. Dia juga mengakui bahwa masih banyak wilayah di DKI Jakarta yang padat penduduk.

“Di Jakarta ini memang tidak ada pilihan selain kita membangun ke atas (vertikal). Soalnya lahannya sedikit,” katanya.

Minta Pengembang Berkontribusi

Oleh karena itu, ia berharap seluruh pengembang bisa berkontribusi dalam pembangunan perumahan layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di DKI Jakarta.

“Kami berharap para pengembang ke depan selain membangun di lahan kosong, juga bisa membangun di daerah yang kumuh dan padat. Ini harus kita pikirkan sama-sama,” kata dia.

Kemudian, dia memaparkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang menyebutkan bahwa jumlah penduduk DKI Jakarta tahun 2019 mencapai 11.063.324 jiwa, jumlah ini sudah termasuk WNA sebanyak 4.380 jiwa.

Untuk itu, Riza mendorong agar hunian layak dan terjangkau tersebut dapat dibangun pada lahan yang menjadi aset Pemprov DKI Jakarta atau tanah negara yang belum dioptimalkan pemanfaatannya. Harapannya, hal tersebut juga bisa menambah ruang terbuka hijau dan fasilitas umum.

“Angka ini perlu diimbangi dengan adanya tempat tinggal layak huni bagi seluruh warga DKI,” katanya.

“Kami minta Dinas PRKP (Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman) dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait untuk dipikirkan apakah direlokasi sementara, dibeli atau dikerjasamakan dengan pemilik lahan yang padat tersebut, yang kemudian dibangun rusun ke atas agar lebih sehat,” tambahnya.

Terakhir, Riza memberikan pesan kepada Himperra sebagai salah satu mitra strategis pemerintah. Dia berharap Himperra bisa semakin berperan aktif dalam seluruh proses pembangunan nasional, khususnya pengembangan perumahan dan permukiman dalam rangka terciptanya tujuan nasional.

“Tujuan nasional yaitu dengan terwujudnya masyarakat yang aman, tentram, adil makmur, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ujarnya.

Dalam Musda I ini, hadir pula Ketua DPD Himperra DKI Jakarta, Aviv Mustaghfirin, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PRKP, Sarjoko, Ketua KADIN DKI Jakarta, Diana Dewi dan Direktur Operasi Kementerian PUPR, Martanto Boedi Joewono.

Berita terkait: