TNI AL mempererat hubungan kerja sama dengan Angkatan Laut India

Jakarta – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI) mempererat hubungan kerja sama dengan Angkatan Laut India (The India Navy) dengan menggelar pertemuan bilateral bertajuk ‘Operational Working Level Discussion’ secara virtual di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat.

Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Waasops Kasal) Laksamana Pertama TNI Irvansyah yang memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan tersebut mengatakan TNI AL mencapai banyak kesepakatan kerja sama yang semakin memperkuat hubungan kedua Angkatan Laut. Seperti kerja sama dalam bidang operasi dan latihan, pendidikan dan pelatihan, kunjungan kapal serta kunjungan perwira tinggi yang dinilai sangat bermanfaat bagi kedua pihak.

Baca juga: HUT ke-75 Korps Marinir TNI AL diperingati di Manado
Baca juga: Bea Cukai, TNI AL, dan Ditpolairud lakukan patroli laut bersama
Baca juga: Kasal: Semangat ASEAN prinsip dasar kerja sama Indo Pasifik

“Melalui kegiatan ini, kami dapat meningkatkan pengertian dan kepercayaan serta meningkatkan beberapa kegiatan di masa yang akan datang, sehingga kedua Angkatan Laut dapat memperoleh manfaat yang besar,” ujar Irvansyah dalam pernyataan tertulis kepada wartawan.

Waasops Kasal juga memperkenalkan anggota delegasi TNI AL lainnya yaitu Perwira Pembantu Utama V Strategi Operasi Staf Operasi TNI Angkatan Laut Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan selaku Wakil Ketua Delegasi beserta 10 anggota lainnya termasuk 1 orang dari Puskersin Mabes TNI dan Atase Pertahanan Republik Indonesia untuk India.

Sedangkan Delegasi Angkatan Laut India dipimpin Directorate of Foreign Cooperation Angkatan Laut India Commodore Shantanu Jha.

Kehadiran TNI AL dalam pertemuan itu menindaklanjuti instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono terkait program prioritas di bidang operasi dan pelatihan.

Kegiatan pertemuan bilateral itu merupakan pengganti “Navy To Navy Talks” yang tidak dapat dilaksanakan tahun ini karena pandemi Covid-19. Tujuannya adalah untuk menjaga hubungan kerja sama antar-kedua Angkatan laut.

“Walaupun kita pada saat ini mengalami musibah COVID-19 yang telah memaksa kita untuk menjadwal ulang kegiatan-kegiatan kerja sama, tapi saya merasa senang karena kegiatan operational working level discussion dapat terlaksana,” kata Irvansyah.

Berita terkait: