Tiga UKM Indonesia Ikut Pameran Bergengsi di Dubai

Tiga usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia telah dipilih oleh Kementerian Perdagangan untuk ikut ambil bagian dalam perhelatan bergengsi Gulfood Expo di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada 21-25 Februari 2021.

Kegiatan ini bermitra dengan Madeinindonesia.com, usaha rintisan ( startup ) di Indonesia yang menyediakan platform e-commerce untuk membantu pasar ekspor bagi produsen, pedagang grosir dan pemasok dalam negeri.

Keikutsertaan tiga UKM dalam pameran makanan di Dubai itu diharapkan bisa membuka pasar internasional untuk produk Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekspor ke depannya.

Tiga UKM itu adalah Mahorahora Bumi Nusantara (Mahorahora), CV Maher Agri dan Koperasi Gunung Luhur Berkah. Mereka akan memamerkan produknya selama pameran produk makanan dan minuman kemasan yang akan berlangsung selama lima hari, menurut keterangan pers yang diterima redaksi, Senin (22/2/2021).

Mahorahora akan memamerkan produk makanan andalan mereka berupa gula aren, rempah-rempah dan kacang mete. Sementara itu, Maher Agri dan Koperasi Gunung Luhur masing-masing akan memperkenalkan produk mereka berupa minyak kelapa, lada dan kopi.

Pameran di Dubai tersebut akan diikuti ribuan pelaku bisnis dari 85 negara. Diperkirakan sekitar 100.000 orang akan berkunjung ke Dubai International Convention & Exhibition Center selama pameran berlangsung.

“Kami bersyukur Allah memperkenalkan kami dengan tim madeinindonesia.com sehingga kami bisa melakukan sinergi dengan [ startup ] yang berkomitmen membantu pelaku UKM Indonesia untuk berkembang dan profesional dalam berbisnis,” kata M Taufiq Adzani dari CV Maher Agri.

Deri Arisandi, perwakilan dari Koperasi Gunung Luhur Berkah, mengatakan pameran ini sangat membantu perusahaannya untukl memperkenalkan produk ke pasar internasional dan menjalin komunikasi dengan calon pembeli melalui kegiatan business matching .

Madeinindonesia.com merupakan platform business-to-business (B2B) lintas negara pertama di Indonesia yang saat ini terus meningkatkan fasilitas dengan menjajaki kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah dan swasta.

Gulfood 2021 merupakan acara internasional terkemuka yang diperuntukkan bagi industri makanan dan minuman di kawasan Timur Tengah, Afrika dan Asia Selatan, atau dikenal sebagai kawasan MEASA. Pameran ini akan memberikan kesempatan bagi perusahaan yang sedang berkembang untuk menjangkau pasar baru dan meningkatkan brand awareness .

Produk yang akan dipamerkan meliputi daging sapi, daging unggas, biji-bijian, sereal, susu, lemak, minyak, minuman, suplemen, dan produk kesehatan. Kegiatan selama pameran ini meliputi pemberian penghargaan, beberapa kompetisi dan instalasi makanan kaki lima.

Selain peserta dari perusahaan makanan dan minuman, perwakilan pemerintah dari berbagai negara juga dijadwalkan akan menghadiri acara ini.

Berita terkait: