Sulsel bangun irigasi tetes pertama di Takalar senilai Rp 17,6 miliar

Jadi kita uji coba di Takalar, bagaimana pemanfaatan air bisa lebih terkendali. Intinya kita tengah siapkan teknologi baru untuk petani kita Makassar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyiapkan anggaran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Rp17,6 miliar untuk membangun jaringan irigasi tetes di Kabupaten Takalar.

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel Junaedi di Makassar, Sabtu, mengatakan proyek irigasi tetes merupakan hal baru dan pertama kalinya dibangun di provinsi tersebut untuk lebih meningkatkan potensi pertanian daerah itu.

“Dari sekian banyak proyek infrastruktur yang disetujui PT SMI (pemberi pinjaman dana PEN sebesar Rp 1,338 triliun), salah satunya pembangunan irigasi tetes,” katanya.

Baca juga: Kementerian PUPR bangun tujuh proyek irigasi strategis

Irigasi tetes adalah metode irigasi yang menghemat air dan pupuk dengan membiarkan air menetes pelan-pelan ke akar tanaman, baik melalui permukaan tanah atau langsung ke akar, melalui jaringan katup, pipa, dan emitor.

Junaedi menjelaskan instalasi irigasi tetes yang siap dibangun di Takalar ini memang diharapkan bisa mengangkat produksi para petani.

Baca juga: Proyek irigasi diperlukan untuk capai ketahanan pangan nasional

“Jadi kita uji coba di Takalar, bagaimana pemanfaatan air bisa lebih terkendali. Intinya kita tengah siapkan teknologi baru untuk petani kita,” jelasnya.

Sementara infrastruktur lain yakni pembangunan dan rehabilitasi irigasi di Sulsel, pengembangan pengelolaan dan konservasi sungai, pembangunan jalan dan jembatan anggarannya mencapai Rp1,2 triliun.

Dana PEN ini juga untuk pembangunan RS Regional Bone, rehab Stadion Mattoanging.

Baca juga: PUPR percepat realisasi program padat karya irigasi 2020

 

Berita terkait: