SpaceX Sukses Luncurkan 60 Satelit Internet ke Orbit

SpaceX kembali sukses meluncurkan sejumlah satelit Internet Starlink ke Orbit pada 24 Oktober 2020 waktu Amerika Serikat (AS) dengan roket Falcon 9.

Keberhasilan ini menandai pencapaian SpaceX yang telah sukses meluncurkan satelit Internet cepat Starlink ke orbit sebanyak 100 kali menggunakan roket besutannya.

Mengutip lama SpaceNews, Senin (26/10/2020), peluncuran dengan roket Falcon 9 dilakukan di Space Launch Complex 40 di Cape Canaveral Air Force Station.

Roket ini berisikan muatan sebanyak 60 satelit Starlink dan meluncur ke Orbit dalam waktu 63 menit setelah lepas landas.

Dengan demikian, sepanjang peluncuran satelit Starlink ke orbit, SpaceX telah meluncurkan 95 kali Falcon 9, tiga kali Falcon Heavy, dan dua kali Falcon 1.

Pernah Gagal

Perjalanan peluncuran satelit Starlink tak melulu sukses, ada kalanya SpaceX gagal dalam misinya. Misalnya kegagalan peluncuran Falcon 1 dan Falcon 9 beberapa waktu lalu. Bahkan ada roket Falcon 9 yang sengaja dihancurkan pada 2016, ketika persiapan tes static-fire.

Peluncuran ini merupakan misi Starlink ketiga dalam kurun waktu dua minggu terakhir. Sebelumnya Falcon 9 sempat diluncurkan 6 dan 18 Oktober. Masing-masing membawa 60 Starlink ke orbit.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Agustin Setyo Wardani

Berita terkait: