Simbol Flowchart

IJN.CO.ID – Pernahkah kamu mendengar simbol flowchart? Kata flowchart sebenarnya bukanlah sesuatu yang asing, terutama untuk kamu yang berkecimpung dalam membangun sebuah program.

Flowchart sendiri bisa diartikan sebagai sebuah program untuk menggambarkan suatu proses program.

Dalam membangun suatu program flowchart berperan penting untuk menerjemahkan prosesnya. Selain itu Flowchart mempunyai banyak sekali simbol, ,Apa sajakah simbol  tersebut?

Kamu bisa menyimak pembahasan lengkap mengenai fungsi, jenis dan tips membuat flowchart hanya disini!

Tujuan dan Fungsi Penggunaan Flowchart

Tujuan dan Fungsi Penggunaan Flowchart

Secara umum tujuan penggunaan simbol flowchart untuk mengilustrasikan urutan penyelesaian masalah atau suatu program dengan rapi, jelas dan mudah dipahami. Adapun untuk fungsi flowchart secara lengkap bisa kamu simak penjelasan berikut:

1. Mengelola Alur Kerja

Fungsi flowchart dalam mengelola alur kerja cukup penting. Adanya flowchart berperan signifikan untuk menentukan integritas dari proses pengelolaan alur kerja yaitu bisa melahirkan hasil yang berkualitas bedasarkan prosedur yang ada

2. Mendokumentasikan Proses

Suatu proyek pasti harus didokumentasikan prosesnya. Untuk itulah flowchart ini bisa dijadikan sebagai media yang bagus untuk dimanfaatkan.

Bahkan bila dibandingkan dengan dokumentasi setiap proses dengan narasi, penggunaan flowchart tentunya akan lebih efektif

3. Mendeskripsikan Algoritma

Pada umumnya para perancang sistem akan menentukan dahulu algoritma sebelum memasukan proyek tersebut dalam bentuk program menggunakan SDL. SDL(Specification and Description Language) mempunyai kemampuan untuk memprepresentasikannya.

Namun seiring berjalannya waktu banyak para perancang yang beralih menggunakan flowchart karena kemampuannya yang bisa memenuhi fungsi tersebut. Apalagi flowchart sendiri juga menyediakan beragam simbol yang sangat unik.

Simbol flowchart tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk mempresentasikan sistem yang mau dirancang. Dengan begitu presentasi akan lebih mudah dipahami.

4. Merencanakan Proyek Baru

Saat berencana untuk membangun proyek baru tentunya kamu harus bisa memetakan proyek tersebut. Supaya proses pemetaan jadi lebih mudah dan rapi biasanya flowchart akan digunakan. Hal tersebut bisa membantu kamu merancang setiap langkah secara terperinci

5. Audit Proses

Secara umum flowchart mempunyai kemampuan mendeteksi kerusakan yang ada pada suatu proses maupun program. Flowchart bisa kamu gunakan untuk segera menyelesaikan masalah dengan cara membagi setiap langkahnya.

Selanjutnya setiap langkah tersebut bisa kamu kelompokan dalam segmen yang lebih kecil. Dari situ kamu akan lebih mudah menemukan bagian mana yang tidak berfungsi dan bisa segera memperbaikinya.

Tujuan dan fungsi flowchart penggunaan flowchart tersebut bisa dilakukan dengan mudah jika sesuai dalam memilih jenis flowchart yang digunakan. Seperti yang kita tahu flowchart mempunyai beberapa jenis.

Jenis-Jenis Flowchart

Paling tidak flowchart tersedia dalam 5 jenis. Masing-masing jenis flowchart itu sendiri tentunya mempunyai karakteristik dalam menggunakannya. Adapun jenis-jenis tersebut diantaranya:

1. Flowchart Dokumen

Flowchart Dokumen

Jenis flowchart Dokumen dikenal juga dengan nama paperwork Flowchart. Jenis flowchart ini umumnya sering digunakan dalam proses penelusuran alur form dari satu bagian ke bagian yang lainya.

Hal tersebut tentunya sudah termasuk mengenai cara laporan akan diproses, dicatat dan disimpan nantinya. Untuk itulah jenis ini seringkali digunakan dalam dunia perkantoran atau bisnis.

2. Flowchart Program

Flowchart Program

Flowchart Program merupakan jenis flowchart yang digunakan dalam merancang suatu pemrograman. Adapun flowchart ini biasa digunakan untuk mengilustrasikan berbagai prosedur dari proses pembuatan program.

Adapun flowchart program sendiri terbagi menjadi dua macam. Dua macam tersebut adalah logika program dan flowchart komputer terperinci.

3. Flowchart Sistem

Flowchart Sistem

Flowchart sistem termasuk jenis Flowchart yang mampu menampilkan setiap tahap atau proses kerja yang sedang berjalan dari suatu sistem.

Selain itu flowchart jenis ini juga mampu menguraikan setiap urutan dan prosedur yang ada di suatu sistem.

4. Flowchart Skematik

Flowchart Skematik

Flowchart Skematik mampu menampilkan suatu alur dari prosedur maupun sistem, hampir sama dengan jenis flowchart sistem.

Perbedaanya jenis flowchart yang satu ini hanya pada simbol alurnya saja dan menggunakan gambar kompuer dan peralatan lainnya.

5. Flowchart Proses

Flowchart Proses

Flowchart proses memiliki kemampuan untuk menggambarkan rekayasa industria dengan cara merinci setiap detailnya. Selanjutnya baru dianalisis untuk menentukan langkah selanjutnya dari suatu sistem atau prosedur.

Umumnya setiap jenis flowchart menggunakan simbol-simbol yang berbeda. Simbol flowchart sendiri juga cukup beragam dan tersedia banyak pilihan sesuai kebutuhan.

Simbol-Simbol Dalam Flowchart

Membuat Flowchart memang tidak ada ketentuan pasti yang harus dipenuhi karena memang pembuatan flowchart berdasarkan pada pemikiran.

Dalam menganalisa suatu masalah. Meski begitu kamu bisa merancang flowchart jika mengetahui simbol-simbol flowchart.

Simbol-simbol tersebut termasuk simbol standar dan biasa digunakan untuk membuat flowchart. Adapun simbol flowchart dibagi menjadi 3 kategori yang penjelasan lengkapnya bisa kamu simak berikut:

1. Simbol Arus

Simbol Arus

Simbol Arus disebut juga dengan flow direction Symbols. Simbol ini umumnya termasuk dalam kelompok yang digunakan sebagai simbol penghubung.

Adapun beberapa simbol yang masuk kategori ini diantaranya:

  • Connection Line yang berfungsi sebagai penghubung simbol satu dengan lainnya, menggambarkan arus dari suatu proses
  • Communication Link umumnya berfungsi sebagai transmisi data dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya
  • Connector biasanya sering digunakan dalam menyatakan sambungan dari satu proses ke proses lainnya pada halaman yang masih sama
  • Offline Connector berfungsi untuk menyatakan sambungan dari proses satu ke yang lainnya berikut pada halaman yang berbeda

2. Simbol Proses

Simbol Proses

Simbol proses sama seperti namanya seringkali digunakan untuk menggambarkan simbol yang berhubungan dengan deretan roses yang sedang berlangsung.

Dibawah ini ada beberapa simbol yang termasuk dalam kategori simbol ini:

  • Processing merupakan simbol Flowchart yang dimanfaatkan dalam menggambarkan pengolahan yang akan dilakukan di komputer
  • Manual Operation simbol berfungsi dalam menunjukan pengolahan yang tidak dilakukan oleh sistem komputer
  • Decision fungsinya untuk memilih proses yang nantinya akan dilakukan berdasarkan keadaan tertentu
  • Predefined Process simbol yang dimanfaatkan dalam mempersiapkan proses penyimpanan yang akan atau sedang digunakan dengan memberi harga awal
  • Terminal symbol fungsinya adalah untuk memulai dan mengakiri suatu program
  • Offline Storage termasuk simbol yang digunakan dalam menunjukan jika data akan disimpan
  • Manual Input System digunakan dalam proses penginputan secara manual

3. Simbol Input-Output

Simbol Input-Output

Simbol yang termasuk dalam kategori ini diantaranya:

  • Input/Output merupakan simbol flowchart yang mempunyai fungsi menyatakan proses input maupun output tanpa melihat jenis
  • Punched Card ini termasuk simbol yang sering digunakanan dalam menyatakan masukan maupun keluaran yang asalnya dari card
  • Disk Storage mempunyai fungsi menyatakan masukan dan keluaran yang asalnya dari disk
  • Magnetik Tape termasuk simbol flowchart yang digunakan dalam menggambarkan masukan dan keluaran yang asalnya dari magnetik
  • Dokumen seringkali digunakan dalam menyatakan proses masukan maupun keluaran yang asalnya dari dokumen
  • Display merupakan simbol yang mempunyai fungsi untuk menyatakan keluaran lewat layar monitor

Simbol Flowchart diatas bisa kamu gunakan dan manfaatkan saat membuat bagan flowchart sesuai dengan kebutuhan. Apalagi memang memang membuat flowchart sebenarnya memang tidaklah sulit.

TIPS Menggunakan Simbol Flowchart

TIPS Menggunakan Simbol Flowchart

Membuat flowchart menggunakan berbagai simbol-simbolnya bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat flowchart supaya lebih mudah:

  • Mengetahui tujuan membuat flowchart, tips pertama kamu harus mengetahui tujuan kamu membuat flowchart
  • Pilihlah jenis flowchart yang sesuai supaya mendapatkan hasil yang sesuai
  • Mengenali berbagai simbol flowchart supaya kamu tidak bingung dalam proses membuat
  • Gunakan media yang menurut kamu paling mudah bisa menggunakan word, power point maupun excel yang tentunya juga harus disesuaikan dengan tujuan pembuatan.

Akhir Kata

Simbol Flowchart memang ada banyak jenisnya yang tentunya mempunyai fungsi dan karakter yang berbeda-beda.

Sebelum menggunakan pastikan kamu menghafal dan mengetahui fungsi dari simbol tersebut supaya tidak salah dalam menggunakannya.

Demikianlah penjelasan dari IJN.CO.ID mengenai Simbol Flowchart mulai dari pengertian, fungsi, jenis dan contohnya. Semoga bermanfaat.