Sekda yakin pengalaman bupati dapat membawa kemajuan Bantul

Bantul – Sekretaris Daerah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Helmi Jamharis yakin pengalaman yang dimiliki Bupati dan Wakil Bupati Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan pembangunan kabupaten ini.

“Kami memiliki keyakinan bahwa dengan pengalaman bapak Abdul Halim Muslih selama lima tahun terakhir di lingkungan eksekutif bersama kami, dan pengalaman bapak Joko Purnomo sebagai anggota DPRD selama ini tentu akan memberikan nuansa kolaborasi yang luar biasa untuk mewujudkan gagasan dan karya yang telah ditekadkan untuk kemajuan pembangunan di Bantul,” kata Helmi di Bantul, Jumat.

Pernyataan tersebut disampaikan Helmi yang juga Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bantul saat memberikan sambutan pada acara Serah Terima Jabatan dari Plh kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih di Gedung Induk Parasamya Bantul, Jumat sore, setelah pada pagi kepala daerah dilantik Gubernur DIY.

Baca juga: Gubernur DIY melantik bupati-wakil bupati tiga kabupaten

Diketahui bahwa Abdul Halim Muslih merupakan Wakil Bupati Bantul periode 2016-2021 mendampingi Suharsono, sementara Joko Purnomo merupakan anggota DPRD DIY yang mengundurkan diri karena mengikuti Pilkada Bantul. Joko Purnomo yang merupakan politikus PDI Perjuangan ini sebelumnya pernah menjadi Ketua DPRD Bantul.

Sekda Bantul mengatakan, sejalan dengan itu pihaknya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dan semua organisasi perangkat daerah (OPD), camat serta lurah (kepala desa) agar menjadikan momentum ini untuk menghadirkan semangat baru dalam pengabdian kepada negara.

“Serta meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk kemajuan masyarakat Bantul. Apalagi kita mengetahui saat ini pemerintah dituntut tanggap terhadap kebutuhan masyarakat,” katanya.

Baca juga: Sultan HB X minta bupati di tiga kabupaten segera membelanjakan APBD

Dia juga mengatakan, tantangan global yang dipicu oleh perubahan dan kemajuan terutama di bidang teknologi menjadikan masyarakat semakin lama semakin “smart” semakin peka, dan semakin informatif, sehingga masyarakat ada kecenderungan menuntut lebih atas pelayanan publik.

“Apalagi di dalam pandemi wabah COVID-19 saat ini perlu adanya kebijakan terobosan dan inovasi dalam rangka mengatasi permasalahan dengan tetap berorientasi pada pelayanan publik,” katanya.

Sekda juga mengajak seluruh jajaran OPD untuk menguatkan kebersamaan, meniatkan kerja untuk memberikan dukungan penuh dan menyukseskan semua program unggulan yang dicanangkan Bupati dan Wakil Bupati demi mewujudkan masyarakat Bantul yang harmoni, sejahtera, dan berkeadilan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI.

Baca juga: Bupati Sleman prioritaskan program kepentingan masyarakat saat pandemi

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, atas nama Pemkab Bantul menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Sekda Bantul yang telah dengan baik menjalankan tugas sebagai Plh Bupati, serta KPU dan Bawaslu yang telah memfasilitasi proses Pilkada Bantul yang sehat, jujur, adil, dan demokratis.

“Ini adalah penanda awal perjuangan bagi kami bersama Pemkab Bantul untuk mewujudkan masyarakat Bantul yang harmonis, sejahtera, dan berkeadilan dalam bingkai NKRI, dan telah sampai pada gilirannya kami berdua untuk memberi warna bagi pembangunan Bantul Projotamansari,” kata Abdul Halim.

Berita terkait: