Penasihat Trump yang Anti-Presiden Tiongkok Positif Covid-19

Penasihat Keamanan Nasional gedung Putih Robert O’Brien, salah satu pembantu terdekat Presiden Donald Trump, telah dinyatakan positif mengidap virus corona .

O’Brien, 54, merupakan pejabat tertinggi Gedung Putih yang terinfeksi. Dia menggantikan John Bolton, penasihat sebelumnya yang mundur setelah cekcok dengan Trump dan belum lama ini menerbitkan buku yang menyerang habis presiden.

Menurut Gedung Putih, O’Brien saat ini mengisolasi diri dan bekerja dari rumah. Dia hanya mengalami gejala ringan dan tidak ada risiko pernah menularkan penyakitnya ke Trump atau Wakil Presiden Mike Pence, bunyi pernyataan Gedung Putih, Senin (27/7/2020) waktu setempat.

Tidak jelas kapan terakhir O’Brien bertemu Trump, namun disebutkan sudah cukup lama. Mereka berdua pernah bertemu dalam sebuah acara di Miami dua pekan lalu.

Menurut kabar, O’Brien terinfeksi dalam sebuah acara keluarga.

Sebelumnya, sejumlah orang di lingkar dalam Gedung Putih juga terinfeksi, termasuk seorang tentara yang bertugas di dalam gedung, sekretaris media wapres Katie Miller dan seorang marinir anggota skuadron helikopter kepresidenan.

Siapa O’Brien?
Dia merupakan seorang pengacara yang telah lama meniti karir sebagai diplomat baik di masa kepemimpinan Partai Republik maupun Partai Demokrat.

O’Brien punya pandangan yang sama dengan Trump terkait berbagai masalah internasional, termasuk kritikan terhadap PBB dan kesepakatan nuklir Iran.

Dalam sebuah pidato di Arizona, dia membandingkan Presiden Tiongkok Xi Jinping dengan diktator Uni Soviet Joseph Stalin.

Berita terkait: