Pemerintah Akan Buka Sekolah di Luar Zona Hijau, KPAI: Utamakan Kesehatan Guru dan Siswa

Menanggapi banyaknya keluhan terkait pelaksanaan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ), pemerintah berencana untuk memberi izin pembukaan sekolah di luar zona hijau. Namun, usulan itu mendapat protes keras dari beberapa pihak.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang pendidikan, Retno Listyarti mengatakan, KPAI, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dan World Health Organization (WHO), meyakini semua daerah masih termasuk pada zona merah. Membuka sekolah pada situasi kasus Covid-19 masih tinggi di zona selain zona hijau sangat membahayakan kesehatan dan keselamatan peserta didik dan para guru.

Pasalnya, apabila ada satu siswa positif, maka menurut ahli penyakit menular, pemerintah harus melakukan tes terhadap 30 anak lain dalam populasi tersebut.

“Sekolah di zona hijau yang sudah dibuka seperti di Pariaman, Sumatera Barat, pun akhirnya ditutup kembali ketika dua guru terinfeksi Covid-19. Ada sekitar 70 siswa yang sempat berinteraksi dengan kedua guru tersebut,” ucap Retno kepada Suara Pembaruan, Senin (27/7/2020).

Dengan adanya kejadian tersebut, kata Retno, status zona hijau pun diragukan karena tidak ditentukan oleh banyaknya sampel yang dites dalam populasi.

“Harusnya ini ditentukan oleh risiko transmisi lokal yang tinggi atau tidak. Artinya, didasarkan pada target tes. Di Indonesia baru DKI Jakarta yang sudah mencapai target tes,” ucap Retno.

Menurutnya, wacana sekolah kembali dibuka ini telah disampaikan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kepada KPAI, IDAI, WHO, Kementerian Kesehatan (Kemkes), dan beberapa pihak lainnya yang diundang rapat daring oleh Kemdikbud pada Kamis (23/7/2020) lalu.

Retno menyebutkan, mayoritas perwakilan yang hadir menyatakan menolak sekolah untuk dibuka. Namun pihak Kemdikbud yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Isu Strategis mendorong agar mereka setuju wacana sekolah kembali dibuka.

“Nampaknya lebih mendorong kami yang hadir mendukung buka sekolah, setidaknya itu yang saya tangkap. Bahkan sempat agak bersitegang dengan perwakilan dari IDAI,” kata Retno.

Sebelumnya, Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan, pemerintah akan memberi izin pembukaan sekolah selain di zona hijau. Hal ini akan diumumkan oleh pihak Kemdikbud.

“Bapak Mendikbud telah melakukan langkah-langkah, tidak lama lagi akan diumumkan daerah-daerah yang selain zona hijau itu diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan belajar tatap muka dengan cara terbatas,” ujar Doni dalam telekonferensi, Senin (27/7/2020).

Berita terkait: