Pandemi, Defisit Anggaran AS Tembus Rekor Tertinggi

Washington, Beritasatu.co m – Perang melawan pandemi Covid-19 AS membuat defisit anggaran Pemerintah AS melebar. Defisit tahun fiskal 2020 mencapai US$ 3,13 triliun, naik lebih dari tiga kali lipat defisit tahun sebelumnya US$ 984 miliar, atau dua kali lebih tinggi dari defisit terbesar sebelumnya yaitu US$ 1,4 triliun pada 2009.

Melebarnya defisit karena stimulus Covid-19 yang digelontorkan pemerintah AS untuk menyelamatkan perekonomian yang terhenti akibat pandemi yang sudah menjangkiti 8 juta orang di AS dan menewaskan 218.000 lebih.

Sebagian besar defisit berasal dari UU CARES, paket stimulus sebesar US$ 2,2 triliun yng meliputi tunjangan pengangguran dan pinjaman kepada perusahaan untuk membayar gaji karyawan.

Menurut Kementerian Keuangan AS, utang pemerintah sebesar US$ 27 triliun, di mana US$ 6 triliun di antaranya dipegang publik.

Penerimaan pajak tahun ini sebesar US$ 1,61 triliun, US$ 203 miliar di bawah target anggaran. Pajak perusahaan berada US$ 51,8 miliar di bawah target sementara penerimaan asuransi sosial dan pensiunan US$ 2,1 miliar di bawah target.

Berita terkait: