Pakar: Kasus Positif Covid-19 Diprediksi Akan Terus Tinggi

Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) mengungkapkan bahwa jumlah kasus positif Covid-19 belum akan turun atau mereda bahkan hingga Agustus mendatang.

Pakar Epidemiologi UI Pandu Riono mengatakan, saat ini kasus Covid-19 di Jakarta dan juga di Indonesia masih akan terus naik dan belum ada kecenderungan akan turun. Terlebih bila masyarakatnya tidak displin menjalankan 3M yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Menurut Pandu, saat ini masyarakat harus dibiasakan menjalankan 3M tanpa bantahan apapun. Karena hanya hal ini yang bisa dilakukan jika kita tidak ingin kembali ke Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) yang ketat kembali.

“Caranya menekan ya hanya dengan aktif menjalankan 3M. Kasus Covid masih akan terus naik jumlahnya,” ujar Pandu, Jumat (24/7/2020).

Senada dengan Pandu, Pakar Epidemiologi UI Tri Yunis Miko Wahyono menuturkan, bahwa kasus Covid-19 masih akan tinggi di Indoensia dan belum dapat dipastikan apakah telah berada di puncak dan kapan mereda.

Hal yang saat ini efektif untuk dilakukan adalah dengan menjalankan dan menaati 3M. Selain itu yang bisa maksimal adalah dengan penerapan isolasi mandiri di lingkungan tingkat RT/RW bagi warga yang positif Covid-19.

“Isolasi mandiri ini juga harus dipantau dan diawasi oleh kelurahan dan kecamatan. Peran serta Pak Lurah dan Pak Camat amat vital untuk menjalankan PSBB di tingkat wilayah ini karena bila isolasi mandiri ini berhasil maka sangat efektif untuk menekan persebaran virus corona ,” ungkap pria yang akrab disapa Miko ini.

Berita terkait: