Muhaimin Dorong Digitalisasi dan Pendampingan Bagi UMKM

Wakil Ketua DPR RI Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menekankan pentingnya digitalisasi dan pendampingan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam pemulihan ekonomi nasional.

Dirinya menuturkan, pendampingan terhadap UMKM meliputi aspek legalitas badan usaha, peningkatan kualitas produk, kualitas kemasan, sertifikasi produk, penyediaan jasa logistik, gudang dan pengiriman, serta akses terhadap pendanaan atau modal kerja.

“Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah memanfaatkan peluang dan potensi ekonomi digital dan pendampingan terhadap UMKM. Pendampingan terhadap UMKM sehingga punya kemampuan bankable , sekaligus memanfaatkan sistem online ,” kata Muhaimin dalam keterangannya, Senin (27/7/2020).

Ia menambahkan, baru 8 juta dari 64 juta UMKM atau 12,5% yang sudah terintegrasi dengan marketplace . Sementara itu, digitalisasi dibutuhkan agar UMKM mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19 .

Gerakan Bangga Buatan Indonesia Perkuat UMKM

Sebagai informasi, gerakan “Bangga Buatan Indonesia” merupakan upaya pemerintah bersama pelaku digital untuk mendorong digitalisasi UMKM.

Berita terkait: