Menurut Pakar Kulit, Ini 4 Tipe Kulit Bermasalah dan Kandungan yang Harus Dihindari

Merasa memiliki kulit sensitif? Tapi termasuk tipe kulit sensitif yang manakah Anda? Menurut Leslie Baumann M.D., ada empat subtipe kulit sensitif. Keempatnya adalah tipe acne, rosacea, stinging, dan allergic .

Lalu kandungan skincare apa saja yang harus dihindari keempat subtipe kulit sensitif tersebut? dr. Arini Astasari Widodo, SpKK, seorang skin expert berbagi tips-tips merawat kulit kering di acara launching produk make p:rem yang bertajuk Discover The Global Standard for Clean Beauty memberikan penjelasannya.

1. Acne Type

Subtipe kulit sensitif yang pertama ini termasuk mereka yang kulitnya mudah berjerawat. Selain jerawat, pemilik subtipe kulit ini juga sering bermasalah dengan komedo hitam ( blackheads ) atau whiteheads .

Jika Anda termasuk tipe yang bermasalah dengan jerawat, sebaiknya hindari kosmetik atau produk skincare yang bersifat komedogenik. Produk-produk yang berbasis minyak ( oil-based ) sebaiknya juga dihindari.

32 Kandungan Komedogenik & 15 yang Nonkomedogenik yang Perlu Diketahui Pemilik Kulit Berjerawat

2. Rosacea Type

Subtipe rosacea biasanya dimiliki oleh orang-orang berkulit putih atau pucat. Jika kulit Anda mudah merona, kemerahan, mengalami pembuluh darah pecah, atau merasakan sensasi panas jika terpapar sinar matahari, bisa jadi Anda memiliki kulit subtipe rosacea.

Beberapa kandungan skincare yang sebaiknya Anda hindari adalah alkohol, parfum, camphor, SLS, dan urea. Exfoliating agent seperti glycolic acid dan lactic acid juga sebaiknya dihindari.

3. Stinging Type

Subtipe kulit sensitif yang ketiga ini sebenarnya lebih berkaitan dengan neurosensor. Biasanya tak ada ruam, kemerahan, atau pengelupasan yang terlihat. Namun sensasi pedih, gatal, dan terbakar kerap terjadi setelah kontak dengan sinar matahari yang terik atau bahan kimia keras.

Kandungan yang perlu dihindari subtipe kulit ini adalah AHA (Alpha Hydroxy Acids ), terutama glycolic acid. Selain itu, Anda perlu mewaspadai benzoic acid, bronopol, cinnamic acids, lactic acid, propylene glycol, SLS, sorbic acid , urea, dan quarternary ammonium .

4. Contact Dermatitis Type

Subtipe kulit sensitif ditandai dengan alergi dan iritasi. Beberapa tandanya adalah kulit mengelupas, ruam, beruntusan, dan kemerahan dengan sensasi pedih atau gatal.

Karena pemicu alergi bagi setiap orang berbeda, kandungan yang harus dihindari hanya yang bersifat alergen saja. Namun Anda juga perlu mewaspadai parfum dan pengawet pada produk skincare .

Demikian berbagai subtipe kulit sensitif dan kandungan produk skincare yang perlu dihindari.

Baca juga:
Manfaat Vitamin C untuk Wajah, Menghidrasi hingga Menghilangkan Flek Hitam

Berita terkait: