Menlu: PM Jepang Kunjungi Indonesia 20-21 Oktober

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyatakan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga dan Ibu Mariko Suga akan berkunjung ke Indonesia pada 20-21 Oktober 2020. Kunjungan ke Indonesia adalah rangkaian dari kunjungan pertama PM Suga ke luar negeri.

“Rencana kunjungan ini sudah resmi disampaikan oleh pemerintah Jepang hari ini,” kata Retno dalam paparan pers bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang diadakan secara virtual dari Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) di Jenewa, Swiss, Jumat (16/10/2020).

BACA JUGA

Yoshihide Suga, PM Jepang yang Tak Terduga

PM Suga secara resmi terpilih menggantikan PM sebelumnya, Shinzo Abe, pada 16 September 2020. Selain ke Indonesia, ujar Retno, PM Suga juga akan mengunjungi Vietnam yang tahun ini menduduki posisi sebagai ketua ASEAN.

“Kunjungan ini menunjukkan komitmen Jepang untuk terus meningkatkan hubungan dengan Indonesia dan menerjemahkan kemitraan strategis yang telah dimiliki kedua negara,” kata Retno.

Retno mengatakan kunjungan PM Suga juga menunjukkan semangat kerja sama yang memang harus terus dikedepankan oleh negara di dunia, terutama dalam situasi pandemi Covid-19 yang tidak mudah.

BACA JUGA

Terpilih Jadi PM Jepang, Suga Hadapi Tantangan Berat

“Diperkirakan kedua pemimpin akan bekerja sama dalam konteks pandemi baik dari aspek kesehatan maupun dari aspek bagaimana meningkatkan kerja sama ekonomi dan bagaimana kedua negara dapat berkontribusi dalam perdamaian dan stabilitas kawasan dan dunia,” kata Retno.

Berita terkait: