Menhub Minta Sektor Transportasi Berinovasi dan Patuhi Protokol Kesehatan

Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) memiliki makna yang mendalam bagi insan transportasi untuk melakukan introspeksi atas pelaksanaan tugas di sektor perhubungan.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat memperingati Hari Perhubungan Nasional, di Jakarta , Kamis (17/9).

“Peringatan Harhubnas dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali apa yang telah dikontribusikan untuk bangsa dan negara, dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor Perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Menhub mengatakan agar tema Hari Perhubungan Nasional Tahun 2020 ‘Wujudkan Asa, Majukan Indonesia’ menjadi cerminan seluruh elemen Kementerian Perhubungan bersama seluruh stakeholder untuk secara nyata membangun sinergi dan kolaborasi bagi masyarakat Indonesia akan transportasi yang berkeselamatan, aman dan sehat. Kemudian dapat menunjang berbagai aktivitas di berbagai sektor dalam upaya untuk menuju Indonesia Maju, yang adil dan makmur.

Menhub melanjutkan, sektor perhubungan adalah sektor yang dibutuhkan sebagai mobilitas untuk mendukung aktivitas sektor-sektor yang lain seperti sektor perdagangan, pendidikan, industri, UKM hingga pariwisata. Sehingga berbagai moda transportasi memiliki peranan yang amat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mengingat Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan.

“Maka sangat wajar jika kita harus selalu siap membangun dan melayani dalam berbagai kondisi. Sumber Daya Manusia dituntut memperkuat kembali komitmen dan dedikasi untuk bekerja keras nyata di sektor transportasi, karena hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa, dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia,” terangnya.

Patuh Protokol Kesehatan

kesehatan

Budi meminta seluruh stakeholder terkait untuk patuh terhadap aturan protokol kesehatan guna menekan penyebaran Covid-19. Sebab seperti yang diketahui bersama bahwa dampak pandemi ini tidak hanya berimbas pada kondisi nasional tetapi juga kondisi dunia. Pandemi ini juga menjadi tantangan bagi sektor transportasi yang sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Karenanya Menhub berpesan agar Insan Transportasi harus dapat memberikan solusi cerdas dalam penyelenggaraan transportasi pada masa pandemi ini. Artinya, penyelenggaraan transportasi harus secara konsisten berpedoman pada protokol Kesehatan yang ketat agar dapat secara efektif mencegah penyebaran Covid-19.

“Mari kita tunjukan, Insan Transportasi ada di garda terdepan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, dengan memberikan teladan dalam memenuhi ketentuan. Semua sarana dan prasarana transportasi harus dapat menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat, memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua pengguna transportasi,” pungkasnya.

[idr]

Baca Selanjutnya: Patuh Protokol Kesehatan…

Halaman

  • 1
  • 2