Konsumsi Minuman Bersoda Tiap Hari? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan Tubuh

Minuman bersoda memang begitu enak untuk dinikmati. Sensasi soda yang menyebar di mulut dan tenggorokan membuat siapa saja menjadi ketagihan. Sebagian orang bahkan bisa meminumnya setiap hari.

Sayang, minuman bersoda ternyata tak terlalu baik bagi kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi setiap harinya. Ada begitu banyak dampak negatif atau bahaya yang akan menghampiri kalian. Tidak ingin terkena imbasnya? Penasaran akan bahaya konsumsi minuman bersoda setiap hari?

Melansir dari halodoc , Jumat (!6/10/2020), simak ulasan informasinya berikut ini.

Alami Obesitas

Bahaya konsumsi minuman bersoda yang pertama adalah dapat membuat kalian mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Jika kalian selama ini beranggapan soda bisa dikonsumsi sebagai minuman diet, ubah sekarang juga. Minuman bersoda tidak bisa mencegah kalian mengalami kenaikan berat badan.

magang

©2018 Liputan6.com

Justru sebaliknya, minuman bersoda bisa membuat kalian obesitas. Sebab, minuman bersoda mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Sekalipun kalian mengonsumsi minuman bersoda bebas gula. Tahukah kalian, minuman bersoda bebas gula itu ternyata justru mengandung gula sekitar 200-600 kali lipat lebih banyak.

Tentu saja, minuman tersebut akan sukses menaikkan berat badan kalian. Alih-alih menurunkan berat badan menjadi ideal. Bahkan, minuman bersoda bebas gula mampu membuat lemak menumpuk hingga tiga kali lipat di area perut kalian.

Alami Kerusakan pada Gigi

Bahaya konsumsi minuman bersoda setiap hari selanjutnya adalah mampu menimbulkan kerusakan pada gigi. Jarang disadari, minuman jenis ini dapat memicu gigi menjadi berlubang. Sebab, minuman bersoda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Dan ditambah lagi adanya sirup fruktosa di dalam minuman itu.

berlubang

© boldsky.com

Minuman bersoda juga mampu menyebabkan enamel gigi terkikis karena sifat asam pada minuman ini yang tinggi. Hal tersebut terjadi karena gula pada soda berinteraksi dengan bakteri dalam mulut. Sehingga akan membentuk asam yang kemudian akan menyerang gigi dan terkikisnya enamel gigi.

Jangan salah, minuman bersoda bebas gula juga tetap mengandung asam yang tinggi. Itu berarti minuman soda bebas gula juga mampu mengikis enamel pada gigi kalian. Apalagi jika kalian penikmat minuman soda setiap hari, sudah bisa dipastikan gigi kalian mengalami serangan terus menerus.

Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin juga menjadi salah satu bahaya konsumsi minuman bersoda. Minuman jenis ini mengandung asam folat di mana mampu menguras kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Minuman bersoda juga bisa mempengaruhi penyerapan vitamin D dari makanan yang kalian konsumsi.

ilustrasi vitamin d

©Shutterstock.com/ Johan Larson

Resiko konsumsi minuman bersoda setiap hari yakni akan menyebabkan hipertensi, melemahnya tulang hingga osteoporosis. Tak hanya itu, soda juga akan bereaksi dengan menolak susu yang kalian konsumsi.

Seperti yang diketahui, susu kaya sekali akan kandungan vitamin D dan kalsium. Kedua kandungan itu sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah penyakit dan mempertahankan tulang. Sehingga minuman bersoda sangat berbahaya dikonsumsi setiap hari. Khususnya pada anak-anak sebab dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan mereka.

Mengidap Penyakit Kronis

Mengidap penyakit kronis menjadi bahaya konsumsi minuman bersoda berikutnya. Dengan mengonsumsi minuman bersoda setiap hari akan menimbulkan risiko terkena penyakit kronis semakin tinggi. Bagaimana tidak, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan seseorang terkena sindrom metabolik, tekanan darah tinggi, gangguan kadar gula darah dan kadar kolesterol tinggi.

012 febrianti diah kusumaningrum

shutterstock

Hal tersebut tentu akan meningkatkan risiko kalian terkena serangan jantung. Tahukah kalian, bagi wanita yang hobi mengonsumsi minuman bersoda lebih dari satu kaleng akan memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 lebih tinggi. Selain itu juga berisiko tinggi mengidap penyakit tekanan darah tinggi dan kasdiovaskular kronis.

Penderita Penyakit Kanker

Bahaya konsumsi minuman bersoda setiap hari yang terakhir adalah dapat menderita penyakit kanker. Kanker sendiri merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Dengan mengonsumsi minuman bersoda setiap hari, kalian akan berisiko tinggi mengidapnya.

ilustrasi kanker

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Rashevskyi Viacheslav

Sebab, minuman bersoda memiliki kandungan bahan kimia berbahaya benzena. Zat kimia inilah yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker. Bagi yang belum tahu, benzena akan terbentuk saat asam benzoat tercampur dengan asam askorbat dan logam seperti tembaga atau besi.

Tercampurnya bahan-bahan berbahaya ini akan berakibat terjadinya reaksi kimia dan terbentuk lah benzena penyebab kanker. Memang minuman bersoda terasa menyegarkan saat dikonsumsi terutama di cuaca panas. Namun, terdapat bahaya dan risiko yang mengikutinya pula. Maka dari itu, bijaklah dalam mengonsumsi minuman bersoda.

Berita terkait: